oleh

Dirgahayu RI Ke-74, Desa Karangharum Sabet Juara Tumpeng

BEKASI, BrataPos.com – Dalam acara memeriahkan Dirgahayu Republik Indonesia ke 74, Kecamatan Kedungwaringin mengadakan lomba pembuatan nasi tumpeng.

Nasi tumpeng makanan khas Indonesia, cara penyajian nasi yang berbentuk kerucut dan ditata bersama dengan lauk-pauknya.

Karena itu disebut pula ‘nasi tumpeng’. Olahan nasi yang dipakai umumnya berupa nasi kuning. Kendati kerap juga digunakan nasi putih biasa atau nasi uduk.

Cara penyajian nasi khas tersebut, masyarakat Betawi keturunan Jawa dan biasanya dibuat pada saat kenduri atau perayaan suatu kejadian penting. Meskipun demikian, masyarakat Indonesia sudah mengenal kegiatan ini secara umum.

Perlombaan diikut sertakan 7 Desa di wilayah Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Desa Karangharum menjadi pemenang, sabet juara pertama dalam perlombaan tersebut.

IMG-20190817-WA0013

Menurut Putri Nur Fajar, ketua tim penggerak, sekaligus istri dari Kepala Desa, untuk lomba tersebut dipersiapkan satu malam.

“Persiapan kita ini hanya satu malam, dan Alhamdulillah bisa meraih juara pertama. Saya berharap Desa Karangharum kedepannya bisa meraih juara-juara tingkat Kecamatan dan Kabupaten,” ungkapnya Sabtu (17/8/2019) di lokasi kegiatan.

Kepala Desa (Kades) Karangharum, H.Rimansyah yang akrab di sapa Bule, berbangga hati dengan peraihan juara lomba nasi tumpeng.

“Syukur Alhamdulillah, saya sangat berbangga hati dengan peraihan juara pertama dalam lomba pembuatan nasi tumpeng tingkat Kecamatan. Mudah-mudahan kedepannya bisa dipertahankan,” tutupnya.

Reporter : zw
Editor/Publisher : jml