oleh

Warga Harapkan Batu Pemecah Ombak Di Pantai Kapuh Kecamatan Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan (Sumbar)

Painan , Bratapos.com – Gelombang tinggi yang terjadi di pantai Pinus Kapuh Kecamatan XI Tarusan kembali menyebabkan ratusan nelayan yang melaut dikawasan Itu tidak bisa pergi melaut.

Wali Nagari Kapuh Ezman Rabu,(14/08/2019) mengungkapkan kondisi ini setiap tahun selalu terjadi gelombang tinggi. Pemukiman warga, nelayan sarana dan prasarana lainnya menjadi sasaran. Jika ini di biarkan maka akan menimbulkan kerugian yang besar, baik itu kerugian materil maupun akan kerugian jiwa.

” Salah satu cara agar tidak terhimbas dan menimbulkan kerugian yang lebih besar, maka disepanjang pantai Kapuh harus dibangun batu beronjong atau pemecah ombak. Sebab pantai Kapuh berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang Ombak nya cukup besar,” ujarnya.

Menurutnya dahulu Pemerintah Kabupaten pernah berjanji akan membangun batu beronjong atau pemecah Ombak di sepanjang pantai namun hingga kini belum ada realisasi. Jika ini tidak disikapi dengan segera pemukiman warga hingga jalan nasional menjadi sasaran selanjutnya, dan tentunya kerugian akan meningkat sebab jarak nya dari pinggir pantai hanya 100 meter lagi.

Biasanya ketinggian Ombak tidak separah yang sekarang, namun kawasan berapi-api yang berbatasan dengan Kapuh telah di bangun batu beronjong mengakibatkan hempasan Ombak ke Kapuh dan membuat warga menjadi was-was,” ujarnya.

Diterangkan nya akibat gelombang tinggi nelayan tidak berani pergi melaut. Mereka takut gelombang tinggi mengancam nyawa mereka, sebab mereka melaut menggunakan kapal tradisional.

” Kita berharap adanya solusi segera, semoga Pemerintah Kabupaten bisa segera membangun batu jeti atau pengaman pantai, sehingga warga merasa lebih aman ketika gelombang tinggi,” ujarnya.

Reporter : Elfi Mahyuni,S.H

Editor / Publisher : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA