oleh

MANIPULASI KARTU KELUARGA GANDA VERSI KETUA DPRD KABUPATEN KARO

-Terbaru-3.570 views

Sumut,bratapos.com-Mantan ketua KPK Abraham samad mengakhiri kariernya setelah diangkatnya kasus pelanggaran Undang Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan (adminduk). “Bagi setiap warga apalagi pejabat yang semestinya diharapkan menjadi tauladan yang baik itu, maka negara mengancam dengan sanksi pidana kepada pemilik KTP ganda,” ucap Dekan Fakultas Hukum Unej (kutipan berita warta ekonomi). “Kasus itu telah membuat Ketua KPK saat itu Abraham Samad lengser dari kursi ketua KPK, sehingga pidana adminduk itu bukan hal baru dan sudah banyak presendennya” tutur dekan UNEJ.

Lain halnya yang terjadi di Kabupaten Karo Aumatera Utara ditemukan kartu keluarga ganda dengan Nomor  Kartu Keluarga dan Nomor Induk Kependudukan masih aktif di dua DISDUKCAPIL. Baik di Medan maupun Kabupaten tanah Karo.

Pada Kartu Keluarga Kota Medan yang masih aktif dengan nomor Kartu 1271172403050004, Ketua DPRD yang berasal dari Partai Demokrat Berinisial “NE” ini terdaftar sebagai istri  dengan Nomor Induk Kependudukan yang aktif. Pada Kartu Keluarga Kabupaten Karo yang juga aktif dengan nomor kartu  1206121402130001, ketua DPRD  Kabupaten Karo ini terdaftar sebagai istri dengan Nomor Induk Kependudukan yang juga aktif. Saat team Bratapos investigasi di Dinas Penduduk dan Catatan Sipil Kota medan ditemukan dalam data base komputer DISDUKCAPIL (3/7/2019) menerangkan bahwa, “Kartu keluarga ini masih aktif bang, dan belum ada pengajuan  surat pindah dari Kecamatan Medan Baru”. Kata petugas Disdukcapil yang tidak mau dituliskan namanya.Pada tanggal 4 Juli 2019 team investigasi Bratapos berangkat ke Disdukcapil Kabupaten Karo. Ditemui langsung Plt. Kepala Dinas DISDUKCAPIL Drs.Indra Jaya Bangun. Diungkapkan oleh beliau “Tidak tau menahu tentang hal ini pak, karena saya baru saja menggantikan Kadis yang lama dan saya pun akan pensiun “terang Indra Jaya Bangun.
WhatsApp Image 2019-08-09 at 12.16.30
Didinas Penduduk dan Catatan Sipil Kabupaten Karo mengungkapkan bahwa “Kartu Keluarga  “NE” ini aktif. Dengan Nomor Induk Kependudukan yang juga aktif, tidak ada surat pindah dari manapun juga pak”. Kata Ibu Intan pegawai Disdukcapil menerangkan sambil melacak sistem database komputer DISDUKCAPIL Kabupaten Karo. “awal pengajuan pembuatan kartu keluarga ini karena beliau hendak mencalonkan diri pada pemilu legislatif tahun 2013 lampau” Kata Intan yang sudah pegawai senior di Disdukcapil Kabupaten Karo.

WhatsApp Image 2019-08-09 at 12.16.30(1)

Hal ini Sudah bisa disimpulkan dengan azas Praduga tidak bersalah bahwasanya Ketua DPRD Kabupaten Karo memiliki dua Kartu keluarga yang ganda otomatis Nomor Induk Kependudukan ganda pula diduga kuat telah melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Setelah temuan ini dirasakan lengkap dari team Bratapos, Maka sebagai insan pers yang menjunjung tinggi Profesionalitas Jurnalis melakukan klarifikasi langsung terhadap Ketua DPRD kabupaten Karo. Hasil Klarifikasi tanggal 5/7/2019 tersebut sungguh diluar hal yang diharapkan, Karena Yang menjawabnya adalah Suami Ketua DPRD tersebut berinisial “FT”. Awal Klarifikasi dari Bratapos  terhadap Ketua DPRD “NE”, dijawab dengan suaminya “akan mengurus surat pindah di kantor Camat Medan baru., karena sekarang sudah tutup kantor (jumat sore) tentunya hari senin kita ke kantor Camat buat urus surat pindah pak” terang suami ketua DPRD Kabupaten Karo tersebut.

Hasil klarifikasi ini sudah mengungkapkan dengan sadar bahwa ketua DPRD Kabupaten Karo sudah melakukan manipulasi data administrasi kependudukan. Namun pihak suami tidak bisa menerima hasil temuan ini. Dengan nada keras  dan kasar dengan menggunakan bahasa kotor kepada jurnalis Bratapos telah terekam jelas pada rekaman klarifikasi yang disimpan team bratapos. Hal ini akan dilaporkan kepada Poldasu dan KPU atas dasar pelanggaran Undang-Undang No. 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan hingga berujung pengancaman terhadap wartawan bratapos.

Reporter : HANDRIANTO

editing/publish : Wit

REKOMENDASI UNTUK ANDA