oleh

LABM Dan KNPI Apresiasi Atas Gordang Sembilan, Dapat Rakor Muri Sedunia

MANDAILING NATAL, BrataPos.com – Ketua Lembaga Adat Budaya Mandailing (LABM), Baginda Mangaraja Soaloon Nasution dan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Madina Onggara Lubis, mengapresiasi Atas Rekor MURI “Pagelaran Gordang Sembilan Terbanyak”.

Pigam tersebut, diterima langsung oleh Bupati Madina Bupati Mandailing Natal Drs. Dahlan Hasan Nasution pada acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) dan festival suara Madina di Taman Raja Batu kabupaten Madina. Rabu (7/8/2019).

Ketua Lembaga Adat Budaya Mandailing (LABM), Baginda Mangaraja Soaloon Nasution, sa’at ditemui di rumahnya di desa Pidoli Lombang, dia turut berbangga hati. Dia berharap semoga kedepan seni budaya Mandailing Natal lebih ditonjolkan kedepan hingga mendunia.

“Semoga masyarakat Madina lebih peduli terhadap seni budaya Mandailing Natal, terutama generasi muda jaman sekarang. Hal itu, agar lebih kental dan melekat dihatinya setentang seni budaya Mandailing Natal, seperti Slogan Madina “Negeri berdat ta’at beribadat” Bumi Gordang Sambilan,” harapnya.

Sementara ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Madina Onggara Lubis, sa’at dikonfirmasi melalui telepon selulernya, mengatakan, dirinya juga sangat mengapresiasi atas penerimaan Rekor Muri Sedunia dalam “Pagelaran Gordang Sembilan Terbanyak”.

“Yang mana Gordang Sembilan memiliki ke unikan tersendiri. Sehingga kian dikenal bahkan Mendunia,” ungkapnya

Pantauan wartawan, pembukaan Silatnas diawali dengan memukul Gong sebagai tanda dimulainya acara oleh Kapolda Sumut. Dalam hal ini diwakili Binmas Polda Sumut Kombes Pol. Yusuf Hondawantri Naibaho.

Selain itu juga dihadiri oleh Ketua Umum BMIR, Rouli Turedo Octara, Forkopimda Kabupaten Madina, Ketua TP PKK Madina, para OPD Pemkab Madina, Toga, Tomas, Todat Kabupaten Madina, Ormas dan OKPPara pelajar SMP dan SMU se-Kabupaten Madina kurang lebih 1.500 orang, Masyarakat kurang lebih 2000 orang.

Dimana dalam sambutan Ketua Umum BMIR Rouli Turedo Octara, semoga muda-mudi Mandailing Natal menjadi barisan terdepan, untuk menjaga keutuhan NKRI.

Semoga dalam kegiatan festival Seni dan Budaya ini, putra-putri dan anak muda Madina banyak yang berprestasi dalam seni dan budaya dalam tingkat Nasional,” ujarnya.

Dilanjut Sambutan Kapolda Sumut dalam hal ini diwakili Binmas Polda Sumut Kombes. Pol. Yusuf Hondawantri Naibaho ucapan terima kasih kepada Bupati Madina dan unsur Forkopimda pemkab Madina, serta kepada seluruh panitia BMIR atas persiapan yang baik bagi terlaksananya kegiatan silatnas BMIR.

Ucapan terima kasih juga kepada masyarakat kabupaten Madina atas kehadirannya untuk memeriahkan acara silatnas BMIR dalam suasana persaudaraan sebangsa setanah air.

IMG-20190808-WA0010

Saya menyambut baik acara ini karena merupakan kegiatan positif yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat generasi muda di Madina.

Ucapan selamat kepada 10 pengurus baru DPD BMIR semoga semakin sukses maju dan mampu merealisasikan program kerja yang telah dirumuskan dan dapat meneruskan cita-cita yang telah ditetapkan.

“Saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu padu merekatkan ikatan persaudaraan diantara kita yang mulai renggang akibat paska sengketa hasil pilpres 2019,” katanya.

Mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa Indonesia, tidak ada lagi kubu paslon capres 01 dan Paslon 02 dan jangan ada lagi istilah cebong dan kampret.

Hentikan semua perbedaan dan perselisihan diantara kita jangan mau diadu domba oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Mari kita bekerja bahu membahu membangun provinsi Sumut yang kita cintai ini, dari budaya bangsa menuju Indonesia maju.

Kiranya festival suara Madina ini menjadi pelopor bagi kebangkitan jiwa nasionalisme terhadap NKRI dan kecintaan terhadap seni budaya.

“Semoga muda-mudi Indonesia menjadi pelopor dalam menjaga persatuan dan pertahanan bangsa. selama kegiatan berlangsung situasi aman dan lancar,” kata Yusuf Hondawantri Naibaho.

Reporter : fs
Editor/publisher : jml

REKOMENDASI UNTUK ANDA