oleh

Kurangi Dampak Polusi, PG Asembagus dan KSO Gelar Pengobatan Gratis

SITUBONDO, Bratapos.com – Untuk mengurangi dampak polusi udara yang terjadi, PG Asembagus bersama KSO (Konsorsium) menggelar pengobatan gratis pada warga sekitar pada Senin (5/8/2019) di Desa Trigonco dan Gudang, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Warga yang terdampak polusi berada disekitar PG Asembagus dengan keluhan sakit batuk dan pilek serta mata merah. Menurut dokter Selfi, penyakit tersebut bisa akibat dari debu.

Namun dokter yang seharinya bertugas di Klinik Pratama Medika Situbondo ini mengaku tidak mengetahui penyakit tersebut berasal dari polusi yang terjadi atau dari debu biasa.

” Saya tidak tahu penyakit disebabkan debu apa, kan sekarang kemarau banyak debu, tapi informasi masyarakat mereka sakit setelah ada debu, “katanya.

Lebih lanjut dokter Selfi menyarankan pada masyarakat untuk mengurangi batuk pilek dengan menghindari debu.

” Untuk menghindari batuk pilek yang utama menggunakan masker. Kalau batuk pilek itu kan penyakit umum, jadi dengan adanya debu maka makin bertambah, “ucapnya.

Disinggung mengenai banyak warga yang mengeluh sakit gatal, kembali dokter Selfi menyatakan jika dirinya belum tahu penyebab gatal-gatal tersebut.

” Saya tidak tahu pasti penyebab sakit gatal itu, entah karena air atau debu. Penyebab gatal itu kan macam-macam, jadi kasus gatal itu dilihat dulu penyebabnya, karena sementara ini warga kan tidak tahu apa penyebabnya, “ungkapnya.

Sementara itu Manager Pengolahan PG Asembagus, Ahmad Hariyanto mengatakan, polusi yang terjadi bukan karena produksi, melainkan dari tumpukan ampas tebu untuk pembakaran alternatif untuk boiler atau ketel.

” Kita koordinasi dengan KSO terkait permasalahan yang terjadi. Akhirnya ada upaya untuk menutup ampas dengan paranet dan seng. Sedangkan untuk mengurangi ampas yang menumpuk kita perbantukan ke PG sesaudara yang membutuhkan, “jelasnya.

BACA JUGA :KSO Akui Ada Polusi Udara Di PG Asembagus

Reporter              : Dayat

Editor                   : Dr

Publisher             : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA