oleh

Lantaran Prihatin Banyaknya Laporan Dugaan Pelanggaran HAM di Pati, Kanwil Kemenkumham Jateng Sambangi Kantor Pati

PATI, Bratapos.com – Karena kondisi memprihatinkan dan keberadaan masyarakat kecil diabaikan secara hukum dan banyak laporan kepada instansi terkait yang tidak ditindaklanjuti , Mendapatkan informasi dari banyak pihak, Kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum-HAM) bersama mendatangi Kabupaten Pati. Berbagai macam Laporan yang dimaksudkan ,Yakni laporan adanya dugaan penganiayaan, Pemerasan , penculikan , preemanisme , Obstugk of Justice , kriminalkisasi, settingan kejahatan yang justru dilakukan oleh oknum aparat maupun isnstansi dan juga perbuatan Melawan hukum, melanggar tata susila serta Perbuatan tidak menyenangkan.
Siti Yulianingsih ,sebagai Kepala Bagian HAM pada Kemenkumham Jateng mengatakan bahwa ia mendapatkan laporan yang mana lokusnya adalah kabupaten Pati.

Sehingga karena laporan tersebut, beliau langsung memanggil memanggil para organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ia juga memanggil OPD untuk melakukan rapat koordinasi, di Setda Kabupaten Pati tanggal 31 Juli 2019. “Untuk penyerobotan lahan, kami juga sudah meminta keterangan kepada Badan Pertanahan Nasional Terkait banyaknya pemalsuan surat tanah dan penyerobotan tanah .

Hasilnya juga menyatakan tidak ada Perkembangan penyelesaiannya ,” katanya.

Di konfirmasi antara pihak terkait di dapatkan kesimpulan bahwa tidak ditemukan informasi terkait pelanggaran HAM di kabupaten Pati.

Oleh karena itu dari hasil rapat koordinasi tersebut, para pihak terkait nantinya akan segera membuat klarifikasi bahwa di Pati tidak ada pelanggaran HAM
Pada saat ditanya mengenai laporan yang masuk, Yuli mengaku tidak menentu, terkadang juga laporan yang di perolehnya ada berbagai macam laporan.

Laporan yang di terima oleh Yuni juga terkadang cukup banyak, namun tidak jarang juga ia mendapatkan laporan yang sedikit.

“Tetapi setiap ada laporan, langsung kami tindak lanjuti dan selesai dengan baik,” ungkap Yuni.

Yuni sangat berharap supaya tidak terjadi pelanggaran di wilayah Jawa Tengah, pada khususnya di wilayah Pati dan sekitarnya karena Provinsi Jawa Tengah sebagai Provinsi Percontohan oleh Provinsi lainnya.

Reporter : sholihul hadi

Editor : Dr

Publisher: Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA