oleh

Camat Tlogowungu, Djabir MH , Buka Program Inovasi Desa

PATI, Bratapos.com – Setiap desa yang ada di indonesia hampir pasti memperoleh anggaran untuk DD atau dana desa, karena Dana Desa ini yang nantinya akan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan Desa mulai dari pembangunan infrastruktur dan juga pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Salah satu kawasan di Kabupaten Pati tepatnya di Kecamatan Tlogowungu penggunaan Dana Desa mulai dimaksimalkan, pasalnya DD atau Dana Desa yang berada di kawan tersebut mendapatkan anggaran yang cukup besar mulai dari ratusan juta bahkan hingga mencapai milyaran rupiah.

Sanyangnya penggunaan dan pemanfaatan Dana Desa( DD) di kawasan Desa desa tersebut sangat kurang maksimal. Melalui bursa Inovaso Desa, Camat Tlogowungi Drs M. Djabir al-sughito ,MH mendorong para pemerintah desa yang berada di kawasan tersebut untuk memaksimalkan Dana Desa (DD) pada salah satu aspek yaitu pada aspek pemberdayaan.

“Sebagaimana komitmen yang telah dibuat oleh masing-masing desa oleh kepala desa ini, untuk pengembangan pembangunan di wilayah Tlogowungu ini, untuk hal ekonomi dan SDM.

Sehingga tidak hanya terfokus pada infrastuktur, karena mayoritas juga sudah memadahi. Kemudian diarahkan kepada pemberdayaan ekonomi desa. Sehingga masyarakat bisa terangkat kesejahteraannya dan perekonomiannya,” jelas Camat Tlogowungu Jabir.

Sebagai Camat Tlogowungu, Drs. Djabir MH ,menyebutkan bahwa kegiatan bursa inovasi Tlogowungu ini nantinya akan diikuti sebdanyak 15 Desa yang ada dikecamatan Tlogowungi.

Program tersebut diadakan supaya setiap desa dapat memberdayakan potensi yang ada karena Kecamatan Tlogowungu memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan memalui tangan-tangan kreatif dan inovatif.

Tidak berhenti di situ saja, Djabir juga menyebut bahwa program ini nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu unggulan di Tlogowungu itu yaitu adanya wisata alam pohon pinus dan produk kopi dengan berbagai macamnya. Selain itu kita punya batik, asli dari desa Cabak, yang nanti kita akan bantu marketingnya,” ujar DJabir.

Diharapkan dengan adanya program bursa inovasi desa di kecamatan Tlogowungu ini nantinya bisa di kenal oleh masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan perekonomian khususnya di Desa, Pungkasnya.

Reporter : sholihulhadi

Editor : Dr

Publisher : Redaksi