oleh

Mahasiswa Batabual Dan Kaiely Desak Bupati Buru Mencopot Kadis Perhubungan Buru

BURU, Bratapos.com –  Pergerakan orator Mahasiswa kecamatan Batabual dan Mahasiswa Kecamatan Teluk Kaiely, Kabupaten Buru Mendesak Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi, SPi, MM mencopot Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buru, Saudara Jamaludin Samak.

Kami desak Bupati Buru untuk mencopot Samak, karena yang bersangkutan sesuka hati alih fungsi pemindahan pangkalan Tambatan perahu Spied Boad yang semuala di lokasi Depan penginapan Haider dipindahkan ke lokasi lain tampa lakukan koordinasi lanjutan dengan Kami Masyarakat Kecamatan Batabual dan Kecamatan Kaiely.

Dengan langkah yang arogansi dilakukan Sang Kadis tampa kompromi dengan Kami Masyarakat Batabual dan Teluk Kaiely,akhirnya Kami mengambil langkah untuk  menggelar aksi orasi mendatangi Sang Kadis untuk pertanyakan, sebab akibat pemindahan pangkalan tambatan perahu sebagai pendaratan masyarakat Kami.

Demikian teriak Kordinator Lapangan(Korlap), Ikram Senelur dan  Ketua orasi, Eko Lesnussa didampingi Sekertaris Orasi, Ismail Lapandewa.

Menurutnya, Pemindahan pangkalan Tambatan perahu semula di lokasi pasar lama pidah kelokasi lain menjadi kesensaraan bagi warga Kami. Pasalnya, dengan pemindahan tambatan perahu dilokasi lain menjadi beban tambahan pengeluaran biaya masyarakat yang cukup besar.

Kebiasaan masyarakat yang datang dari Kecamatan Batabual dan Kecamatan Teluk Kaiely menyeberang lautan dengan Spied Boad  dengan ongkos pas- pasan ke Kota Kabupaten yang semula pangkalan tambatan Perahu berdekatan dengan Pasar, kini dengan pemindahan lokasi baru menjadi beban dan pengeluaran ongkos trasportasi lagi, akibat dengan bertambahnya biaya ongkos angkut Darat, Kami minta untuk tambatan Perahu dikembalikan ketempat semuala.

Dengan demikian, Demi kelancaran transpotasi Laut dari Kota Kabupaten menuju Kecamatan Batabual dan Kecamatan Teluk Kaiely, Kami minta secara tegas kepada Kadis Perhubungan Kabupaten Buru, Saudara Jamaludin Samak untuk dapat memfasilitasi/ menyiapkan Spied Boad yang lebih Presentatif dan membuat Posko pemantauwan saat musim Timur di lokasi Tanjung Kayu Putih oleh pihak Basarnas.

Permintaan Kami ini, karena setiap musim timur lautan di seputar tanjung kayu putih dihadapkan dengan gelombang yang dahsyat, akibatnya setiap tahun Dua kecamatan ini saat kembali ke Desa masing- masing banyak mengalami kecelakaan/Tinggalam  di laut dan memakan korban.

Menanggapi tuntutan Mahasiswa, Kadis Perhubungan Jamaludin Samak Dalam Hering bersama Mengatakan, Seandainya secara UU ada kesalahan secara prosedur silahkan dapat melaporkan  Saya, kemudian seluruh kegitan pemindahan lokasi baru tambatan Perahu yang dilakukan di sana  Kata Samak tidak ada upayah yang merugikan masyarakat, tetapi kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang akan menguntungkan masyarakat di Dua Kecamatan.

Kami juga Tahu beberapa kejadian kecelakaan di laut pekan Kemarin/Tahun lalu Spied Boad dari Kota Kabupaten menuju Kota Kecamatan Disana mengalami Naas, disinilah Kami dari Dinas Perhubungan melakukan koordinasi dan evaluasi terhadap Para Penumpang dan bongkar muat muatan sehingga tidak ada oferlep muatan, semuanya ini Pemerintah melakukan yang terbaik untuk masyarakat Bupolo” Kata Kadis Samak dalam Hering Pendapat dengan Mahasiswa di Kantor Perhubungan Senin Kemarin 29/7 2019.

Reporter              : Sk

Editor                  : Dr

Publisher             : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA