oleh

KPK Tetapkan Sekda Jawa Barat, Terjerat Kasus Meikarta

BEKASI, Bratapos.com – pasca divonisnya 6 Tahun Penjara mantan Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin oleh Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Bandung Jawa Barat,  terkait kasus Mega Proyek Meikarta Cikarang, Kabupaten Bekasi. Kini telah muncul nama Iwa Karniwa seorang Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi jawa Barat (Jabar) yang telah di tetapkapkan terlibat oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Seperti dilansir Detik news “Iwa Karniwa ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, karena telah melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP,” kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (29/7/2019).

Dalam perjalanan kasus ini, Iwa Karniwa di duga telah menerima anggaran sebesar 900 Juta,  untuk proses pengurusan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bekasi tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

“Neneng melalui perantara menyerahkan uang kepada tersangka IWK dengan total Rp 900 juta terkait dengan pengurusan RDTR di Provinsi Jawa Barat,”kata Saut.

Menanggapi hal ini,  Asep Suhendra,  Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LPKPK) memberikan Apresiasi terhadap kinerja KPK.

“Saya sangat mengapresiasikan sekali dengan kinerja KPK, karena telah membongkar kasus Proyek Meikarta yang sangat luar biasa, kami berharap KPK dapat menindaklanjuti sampai ke akar-akarnya, “tutupnya.

Reporter              : zw

Editor                    : Dr

Publisher             : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA