oleh

INI DIA BOCORAN KENAPA TAMBANG ILEGAL MARAK DISITUBONDO

SITUBONDO , Bratapos.com – Maraknya tambang ilegal di Situbondo banyak mendapat perhatian dan sorotan dari berbagai pihak utamanya dari kalangan pemerhati dan aktivis lingkungan hidup. Bahkan salah satu pegiat LSM dalam postinganny di facebook yang ber season dan bertema “kabuten tambang ilegal” eko febrianto 3/7/19(iws-fb) merasa geram melihat. maraknya aktivitas tambang ilegal di kabupaten Situbondo.

Sehari pasca gelar kasus/konferensi pers polres Situbondo terkait penindakan pelaku kejahatan lingkungan, Dinas lingkungan Hidup tidak mau kalah ikut mengadakan rapat kordinasi dengan beberapa instansi terkait diantaranya,Kepolisian,Kejaksaan,Kodim,Bagian Perekonomian serta satpoll PP,namun disesalkan terkesan tertutup apalagi bagi awak media massa.

Dihadapan awak media Brata Post dan Badan Peneliti Aset Negars, Moh Rifa’i, Kadis LH Bp Kholi mengatakan bahwa rapat dengan team penyelamat lingkungan ini adalah atas inisiatif DLH dan dibahas penertiban dan pembinaan aktivitas tambang di Situbondo.Menurut Kholil diputuskan dalam rapat tadi bagi penambang liar yang tidak memiliki ijin akan diberi peringatan untuk mengajukan ijin dan kalau tidak diindahkan dan tidak mengurus ijinnya akan dibekukan kegiatan penambangannya setelah peringatan ke tiga kalinya.

Ketika ditanya soal carut marut dan lambannya penanganan aktivitas tambang ilegal beliau terkesan menyalahkan Dinas Pertambangan Propinsi Jawa Timur.”Kami tidak pernah diberi surat tembusan ataupun pemberitauan terkait ijin yang dikeluarkan ” kami sering kesulitan menertibkan penambang ilegal karna ketika kami datangi pemilik sering tidak ada ditempat dan tidak jarang hanya meninggalkan nomor HP tetapi ketika dihubungi mereka selalu mengatakan ijinnya lengkap dan ketika diminta untuk datang ke kantor tidak pernah memenuhi panggilan, jelasnya lagi.

Menurut wakil dari kepolisian AKP Hariyono didalam rapat tersebut terkesan sangat berhati hati,disampaikan ” Ini lebih tepatnya penertiban bukan penangkapan sepertinya kok sadis kalau disebut penangkapan” dan saat ini sedang kami dalami peran masing masing pelaku, setelah memaparkan pelaku tambang baik yang berijin maupun yang tidak.

Dikomfirmasi terpisah ketua LP KPK Komcab Situbondo dirumahny Bp. Wijaya sepertinya merasa pesimistis terkait penanganan penjahat lingkungan ini kedepannya, karna apa kalau dilihat dari jejak rekam aktivitas penambangan ini terjadi didepan mata kita kegiatan yang dilakukan terjadi pada siang hari dan dampak yang di timbulkanny luas dan kasat mata bahkan berhektar hektar tapi kenapa sepertinya kok sulit menyentuhnya, ungkapnya kecewa Terkait insiden wartawan Brata Post Biro Sirubondo yang dipersilahkan masuk oleh staf Bp Kholil berkali kali memohon maaf itu murni karena kesalahan dari staf kami dan berjanji untuk selanjutnya tidak akan terjadi yang demikian dan akan meyediakan sesi khusus jurnalis setelah. team melakukan penertiban.

Reporter : afree/Rifa’i

Editor : dr