oleh

Kadinarpus: Aplikasi SIKD Permudah Pengelolaan Arsip

Kendal , Bratapos.com – Memanfaatkan perkembangan teknologi informasi sebagai alat sistim yang paling efektif, Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Kendal akan meninggalkan pola lama yang sebelumnya menggunakan sistem manual, menuju e-Arsip.

Sistem e-Arsip aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) diharapkan akan lebih efisien

Jika selama ini kita melihat arsip selalu dalam bentuk fisik berupa data yang tertuang di atas kertas, yang memerlukan penanganan secara khusus dan berkala maka diera informasi global saat ini, hal tersebut telah mulai bergeser dimana arsip tersimpan dalam bentuk data digital.

Ir.Diah Aning Budiarti MSi saat diwawancarai oleh awak media / foto adg
Ir.Diah Aning Budiarti MSi saat diwawancarai oleh awak media / foto adg

Terkait dengan hal tersebut, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah, menggelar pelatihan pendampingan E-Arsip atau aplikasi Sistim Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD), Rabu (24/7/2019), di aula kantor Dinarpus.

Kepala Dinarpus Kabupaten Kendal Ir.Dianing Budiarti MSi, mengatakan bahwa kegiatan pelatihan diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kendal selama 2 hari yaitu pada hari Rabu-Kamis tanggal 24-25 Juli 2019.

Diah Aning juga mengatakan bahwa program pelatihan pendampingan E-Arsip atau aplikasi SIKD, merupakan program nasional yang dilakukan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dengan tujuan untuk mempermudah pengelolaan arsip termasuk pengelolaan arsip di tiap OPD, yang akan dan dapat terintegrasi dengan Dinas Kearsipan, sehingga akan mempermudah dalam pencarian arsip yang diperlukan.

” Adanya E-Arsip atau aplikasi SIKD, maka penyimpanan arsip menjadi lebih efektif dan efisien. Sebenarnya saya menginginkan, setiap kecamatan bisa mengikuti pelatihan ini namun karena hal ini baru awal saja maka yang kita undang hanya dari OPD “, katanya.

Reporter : Nardi CakWer/adp

Editor : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA