oleh

Kehadiran DPC KOSWARI ( Korps Wartawan Republik Indonesia) Kab Karo di terima Polres Tanah Karo”

Kab.Karo-Kabanjahe,bratapos.com-  Setelah sekian lama vakum, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Korps Senior Wartawan Republik Indonesia (Koswari) Kabupaten Karo akan berkibar kembali. KOSWARI Cabang Karo yang akan pimpin kembalu oleh Gembira Ginting.

Buktinya, puluhan wartawan dari berbagai media cetak, elektronik dan online yang tergabung dalam wadah Koswari, Senin (22/7/2019) pukul 10.00 WIB hadir di halaman Polres Tanah Karo untuk persiapan audensi ke ruang kerja Wakapolres.

Menyambut kedatangan para insan pers, Kapolres Karo AKBP Benny Hutajulu Sik melalui Wakapolres Kompol Hasian Panggabean memberikan apresiasi atas aktifnya kembali organisasi wartawan yakni Koswari.

” Hasian berharap, kebersamaan yang selama ini terbangun antara pihak kepolisian dan para wartawan yang bertugas di Karo dapat terus terjalin. Selain itu dapat bersama-sama bertukar informasi dan mendukung tugas kepolisian melalui tulisan di media masing-masing”. “Biar ada keselarasan diantara kita dalam bertugas. Jangan hanya judi dan narkoba melulu yang ditulis. Kalau kalian ada menemukan di lapangan sesuatu yang melanggar hukum. Polres Karo welcome dan pasti akan direspon secepatnya. Jangan hanya mendengar isu langsung ditulis. Jangan karena ada wartawan yang sentimen terhadap kita (polisi) maka ditulis yang nggak-nggak,” ujar Wakapolres sembari bercanda.

Sementara Ketua DPC Koswari, Mbira Ginting, menjelaskan bahwa audensi ini bertujuan untuk meminta petunjuk terkait susunan kepengurusan DPC Koswari Kabupaten Karo yang dalam waktu dekat ini akan dilantik. Selain itu, untuk memperkenalkan organisasi wartawan tersebut dan wartawan yang bertugas di wilayah Tanah Karo.

“Selama ini banyak wartawan di Karo yang tak ada wadah organisasi. Jadi Koswari yang sempat vakum selama ini dan kebetulan saya ketuanya saat itu. Kini dipercayakan lagi oleh DPP agar saya memimpinnya dan mengibarkan kembali bendera Koswari di Karo,” ujar Ketua Koswari Karo, Gembira Ginting didampingi Sekretaris Pelita Monald Ginting (wartawan Posmetro Medan), Bendahara Tambar Sembiring (Global Pos) dan pengurus lainnya kepada Wakapolres.

Selain itu, ditambahkan Sekretaris Pelita Monald Ginting, Koswari akan selalu bersinergi dengan kepolisian khususnya Polres Tanah Karo untuk bersama-sama meminimalisir berita-berita hoax dan akan mengadakan bakti sosial bersama dan kami ingin ikut ambil bagian untuk membangun Kabupaten ini melalui tulisan serta mencerdaskan anak bangsa melalui sajian sajian berita yang kami tulis dan hal ini sesui juga dengan visi dan misi Koswari. “Kita juga meminta agar Pak Kapolres bersedia masuk dalam kepengurusan Koswari Karo sebagai Pembina atau Pelindung,” ujarnya.

Menanggapi itu, Wakapolres menyampaikan jika topik audensi ini akan disampaikan ke Kapolres. Namun begitu, soal kepengurusan jika Kapolres dimasukkan sebagai Pelindung Koswari itu tidak etis. Mungkin ada baiknya dimasukkan sebagai Penasehat saja.“Yang kita takutkan, jika ada salah satu wartawan yang terjerat hukum. Seakan-akan kita melindungi padahal kesalahannya fatal dan tak bisa ditoleransi. Kalau sebagai penasehat itu bisa, jadi kita bisa saling kordinasi dan ada masukan dari kita jika ada sesuatu,” jelas Kompol Hasian Panggabean.

Pantauan wartawan bratapos.com audensi ini berjalan dengan baik penuh keakraban. Para wartawan disambut dengan baik dan disuguhkan kopi hitam sembari berbincang-bincang santai usai menyampaikan maksud dan tujuan audensi.
Reporter : (Bryan)

Editing/publish : Witnyo

REKOMENDASI UNTUK ANDA