oleh

Kelompok pengolah dan pemasar berkreasi berdaya saing menuju sejahter

Probolinggo, bratapos.com-rabu 17 Juli 2019. Potensi perikanan kota Probolinggo yang melimpah dapat di manfaatkan melalui penganekaragaman produk olahan hasil perikanan. Melalui pengolahan ini di harap kan masyarakat kota Probolinggo gemar untuk makan ikan sehingga angka konsumsi ikan dapat meningkat. Akan tetapi masyarakat masih kesulitan untuk mendapatkan  informasi dan produk olahan yang di harapkan. Hal ini di sebabkan karena belum adanya kemitraan atau jejaring kerja yang kuat antara pihak pengelolah dan pemasar produk perikanan. Selain itu masalah yang di hadapi oleh pengolah dan pemasar ini adalah olahan hasil perikanan kurang memperhatikan kualitas,kuantitas dan kontinuitas produknya,kurang memperhatikan kemasan produk,kurang memperhatikan keamanan pangan. Berkaitan dengan hal tersebut maka perlu adanya inovasi yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan produk hasil perikanan yaitu melalui PK2B2 MESRA, dengan membentuk pusat penjualan produk olahan hasil perikanan OUTLET MAS CIK MESRA.

pembentukan pusat penjualan produk olahan hasil perikanan mampu menampung berbagai macam aneka produk olahan hasil laut produksi dari pengelolah dan pamasar kota Probolinggo. Disamping memenuhi kebutuhan produk kelautan dan perikanan,pembentukan outlet penjualan produk perikanan ini juga sebagai ajang saling ASAH,ASIH DAN ASUH,. dan ASAH,dimana para pengolah dan pemasar tsb saling mereview produk dari pengolah guna mendukung perbaikan kualitas. Asih,rasa kekeluargaan antar pengolah dan pamasar di pererat dengan adanya pertemuan rutin,arisan setiap bulan dan saling mengunjungi jika ada anggota yang sakit. Asih,dimana ada pengolah dan pemasar saling membantu mempromosikan dan memasarkan produk masing2 sehingga akses pasar dan peluang pasar semakin besar. Penerapan konsep KP2B2 MESRA telah terbukti mampu mengatasi permasalahan yang terjadi sebagai berikut :

  1. kuantitas produksi sebe lum inovasi 3 s/d 5 kg perhari,kemudian sesudah inovasi 8 s/d 10 kg perhari
  2. akses dan wilayah pemasaran produk sebelum inovasi wilayah Probolinggo,malang,sidoarjo dan Surabaya.

Omset penjualan  produk hasil perikanan sebelum inovasi 3 s/d 4 juta perbulan.kemudian sesu dah inovasi 8 s/d 10 juta perbulan.

 

Reporter Saiful

editing/publish : Wo

REKOMENDASI UNTUK ANDA