oleh

KHASIAT DAN NIKMATNYA KLEPON IBU HJ. NUNUK

Siapa yang tidak tahu Klepon ? kue tradisional khas Indonesia ini adalah salah satu jajanan pasar yang banyak digemari di berbagai kalangan. Selain rasanya yang enak, kue tradisional ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan kenyal. Kue ini berbahan dasar tepung ketan yang berwarna hijau dan di dalamnya ada gula merah cair, disuguhkan dengan parutan kelapa.

Selain enak, klepon juga memiliki khasiat dan manfaat yang sangat penting bagi tubuh. Yang pertama adalah mengencangkan kulit wajah. Pengencangan kulit wajah berguna untuk mengatasi penuaan dini akibat radikal bebas. Kedua, menyerap minyak pada wajah karena klepon juga memiliki kandungan vitamin C yang alami. Ketiga, melancarkan sistem pencernaan. Klepon memiliki senyawa niacin yang membantu sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Keempat, mengobati rematik. Bagi anda yang lagi terserang rematik, sangat disanrankan untuk mengonsumsi klepon hal ini terjadi karena di dalam makanan ini memiliki peranan untuk mengobati rematik. Kelima, mengatur aktivitas hormone tiroid. Kandungan yang ada di dalam klepon memiliki senyawa selenium yang bermanfaat untuk kelenjar tiroid serta membantu pembulu darah berfungsi dengan baik. Keenam, sebagai sumber antioksidan. Klepon memiliki sumber antioksidan yang sangat baik sekali untuk tubuh sehingga bisa menangkal radikal bebas serta menghidarkan dari berbagai macam jenis penyakit terutama kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kue klepon sudah tidak asing lagi di jajanan pasar. Seperti di Sidoarjo tepatnya di Desa Bulang, kecamatan Prambon yang terkenal dengan penjual-penjual klepon. Disepanjang jalan Bulang, dapat di temui dengan sangat mudah penjual-penjual klepon rumahan. Sehingga Desa tersebut dijuluki KAMPUNG KLEPON. Penjual pertama di Desa Bulang adalah klepon Ibu Hj. Nunuk. Klepon yang dikelola oleh Ibu Nunuk bersama suaminya Bapak Suwandi ini sudah berdiri sekitar tahun 1959. Bu Nunuk adalah penerus generasi yang ke-3, sejak dirintisnya usaha klepon ini hingga sekarang. Dan sampai saat ini, Beliau masih tetap menjalankan proses produksinya secara tradisional. Selain proses pengolahan serta peralatannya yang masih sangat sederhana, bahan-bahan yang digunakan juga bahan alami. Mulai dari perwarnaanya yang dibuat dari air dan daun suji, pemanisnya yang terdiri dari gula merah dan tidak sama sekali menggunakan bahan pengawet. Sehingga klepon Ibu Hj. Nunuk ini hanya bertahan selama satu hari saja. Sedangkan untuk pembuatannya hanya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, tetapi berkala. Sehingga bisa dipastikan klepon Ibu Hj. Nunuk selalu dalam keadaan baru ketika sampai kepada konsumen. Meskipun hanya kue tradisional, namun klepon asal Desa Bulang ini sudah cukup di kenal dari berbagai macam kota. Banyak dari luar kota yang berkunjung ke Desa Bulang hanya untuk mencicipi kenikmatan kue klepon Ibu Hj. Nunuk ini. Dan terbukti dari Citra Kartini Award yang diraihnya pada tahun 2003 dan keikutsertaannya pada beberapa bazar yang di selenggarakan di daerah Sidoarjo (kompetisi klepon MURI 1000 peserta, peserta bazar rose brand). Jadi tidak diragukan lagi soal cita rasa klepon Ibu Hj. Nunuk ini bukan ?.

Untuk menemukan lokasi Klepon Bulang Ibu Hj. Nunuk tidak terlalu sulit, kalau sudah berada di Jalan Klantingsari, Bangun, Sidoarjo kita akan menemukan PT. Pabrik Kertas Surabaya – Pakerin. Sekitar 2 meter dari pabrik terebut atau sebelum kanal Porong, terdapat belokan ke kanan menuju jalan Raya Prambon, arahkan kendaraaan ke jalan tersebut dan ikuti jalan tersebut sekitar 5 km. Tepat di kiri jalan Raya Bulang No. 5, tokonya berada. Toko klepon Ibu  Hj. Nunuk buka dari jam 7 pagi sampai jam 8 malam setiap hari. Selain menjual klepon, toko klepon Ibu Hj. Nunuk ini juga menjal lupis, klanting, jongkong dan gempo yang tidak kalah nikmatnya.

LRM_EXPORT_69491678491944_20190511_210745438
Penulis : Syafrilla Ainayatul Rifhan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Prodi Ilmu Komunikasi

REKOMENDASI UNTUK ANDA