oleh

Sepak Terjang Komunitas CB Indonesia

-Terbaru-1.008 views

2019, masuk pada era semua serba memiliki komunitas. Mulai dari kendaraan bermotor sampai kendaraan angkutan besar, seperti truk juga ada komunitasnya. Tapi di balik seluruh komunitas-komunitas yang lahir saat ini, ada satu komunitas yang namanya kian besar dari waktu ke waktu.

CB Indonesia, komunitas bagi pecinta motor Honda CB 100 dan 125 ini sudah lahir sekitar sepuluh tahun lebih. Hanya saja di jaman kelahirannya waktu itu, komunitas Honda CB yang ada di Indonesia masih bisa dihitung dengan jari.

Sejak sekitar tahun 2014, komunitas Honda CB kian melebarkan sayapnya. Event-event perayaan Anniversary hampir dilakukan seminggu sekali. Mulai dari penjualan merchandise hingga pemanfaatan lapak (jual beli spare part) menjadi daya tarik yang dijual oleh komunitas penyelenggara acara.

Selain disodorkan dengan berbagai kemudahan, pengunjung yang hadir juga dimanjakan dengan hiburan yang disediakan. Sehingga pengunjung akan merasa sangat disayangkan ketika tidak mampu hadir.

Apalagi angka lonjakan pengunjung yang hadir juga kian membludak. Digadang-gadang setiap acara perayaan anniversary, Honda CB mampu mendatangkan massa hingga 3000 orang.

Jumlah tersebut kemudian akan menjadi pertimbangan yang kuat dalam pengambilan keputusan datang tidaknya seorang pengunjung yang lain. Belum lagi desain merchandise yang higlyrecommend untuk dimiliki. Wah sayang sekali kalau tidak datang kan?

Namun, event perayaan sekaligus silaturahmi antar-bikers ini juga dianggap sebagai hal yang berunsur negatif oleh masyarakat sekitar. Hiruk pikuk yang ditimbulkan dari blayer-an pengendara motor Honda CB dinilai sangat mengganggu masyarakat.

Penulis : Ayu Diah Oktaviana Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Penulis : Ayu Diah Oktaviana
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Banyak kasus baku hantam antara masyarakat dengan bikers karena kegaduhan yang ditimbulkan. Lalu? Bagaimana agar sebuah event perayaan komunitas Honda CB dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar? Apakah bikers memang hanya mampu membuat kegaduhan tanpa ada manfaat yang diberikan? Apakah bikers memiliki egoisme yang tinggi sehingga hanya memikirkan kepuasan diri sendiri?.

Tentu saja tidak, banyak kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan dalam rangka menunjukkan bahwa bikers bukan individu yang arogan.

Mulai dari kegiatan bakti sosial, santunan anak yatim, donor darah, hingga kegiatan bedah rumah. Dalam event perayaan komunitas pun, penyelenggara acara banyak bekerja sama dengan masyarakat sekitar. Misalnya penggunaan lahan parkir berbayar, pembukaan lahan khusus untuk penjual diluar lapak komunitas, dan masih banyak lagi.

Kerjasama yang dilakukan bermaksud untuk memberikan manfaat positif untuk masyarakat sekitar, dan sebagai bentuk permintaan maaf penyelenggara acara atas kegaduhan yang ditimbulkan ketika acara tengah berlangsung.

Selesai satu masalah image negatif yang ditimbulkan dari penyelenggaraan suatu acara, ada lagi masalah baru yang sontak menyita masyarakat luas. Yakni soal tabrak lari oleh dua pemuda pengendara Honda CB terhadap seorang wanita tua.

Kejadian kecelakaan yang menimbulkan hilangnya kesadaran korban ini terjadi di wilayah Sidoarjo, tepatnya didepan Suncity, Giant Mall Sidoarjo. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Dua orang pengendara Honda CB melaju dengan kecepatan tinggi kemudian menabrak seorang wanita tua.

Yang menjadi masalah besar ialah, wanita itu tengah dalam keadaan kritis, dan kedua pemuda justru lari meninggalkan kendarannya dan tidak menunjukkan tanggung jawabnya terhadap korban.

Postingan berjudul “Tabrak lari dua pemuda berplat W” sontak viral di media sosial facebook. Ribuan orang menanggapi postingan tersebut kemudian membagikannya. Tidak sedikit pula yang turut andil dalam pencarian pemuda tersebut.

Tujuannya hanya satu, agar pelaku dapat ditemukan dan di mintai pertanggungjawab sehingga image negatif yang ditimbulkan akan lenyap. Banyak kalangan yang merasa sangat dirugikan.

Image positif yang dibangun sejak beberapa tahun lalu seolah diragukan karena kejadian tersebut. kejadian tersebut memperkuat dugaan bahwa “bikers CB memang arogan”.

Kedua pemuda pelaku tabrak lari kemudian mampu ditemukan oleh para petinggi komunitas Honda CB. Namun, kisah lanjutan dari cerita ini tidak dipublikasikan, sehingga tidak banyak orang tau bagaimana kelanjutannya.

Satu hal yang pasti, petinggi komunitas Honda CB tentu tidak tinggal diam dalam penyelesaian kasus tabrak lari ini. Jika mereka mampu menemukan kedua pemuda tersangka tabrak lari, maka mereka akan mendesak keduanya agar bertanggung jawab. Sehingga image negatif yang ditimbulkan mampu diatasi.

Setiap komunitas pasti memiliki sisi baik dan sisi buruknya. Kita sebagai warga yang beretika tinggi, pasti bisa membedakan mana yang baik dan mana yang tidak. Komunitas sesungguhnya bukan sesuatu yang mampu digarisbawahi sebagai hal yang negatif.

Banyak hal positif yang juga banyak diberikan. Hanya saja, beberapa oknum dalam komunitas besar tersebut yang kemudian bertindak tidak etis. Namun sekali lagi, petinggi komunitas tidak hanya akan diam saja memperhatikan perilaku para anggotanya.

Pencabutan KTA juga mungkin akan dilakukan apabila anggota dirasa merugikan komunitas dan tidak dapat dibina untuk menjadi lebih baik. Karena pada dasarnya, komunitas hanyalah wadah silaturahmi dan wadah bagi para peng-hobby, soal sikap egoisme dan arogan hanyalah karakter beberapa individu dalam komunitas, sehingga sangat tidak adil untuk kemudian menjadikan nya penilaian image suatu komunitas.

REKOMENDASI UNTUK ANDA