oleh

Sekjen PWOI : Karya Jurnalis Harus Bebas Dari Hoax

MAGELANG, BrataPos.com – Perkumpulan Wartawan Online Line (PWOI) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jawa Tengah menggelar Silaturkhami Daerah (Silatda), Rabu (10/7/2019), di aula Rindam IV Diponegoro Magelang.

Acara Dihadiri oleh Sekjend DPP PWOI Ian Lubis, Danrindam IV Diponegoro Kol. Amrin, Ketua DPW PWOI Jateng Rahmat Dakwah, Walikota Magelang dan Kapolresta Magelang.

Kolonel Amrin selaku Danrindam IV Diponegoro dalam sambutannya mengatakan bahwa wartawan harus berperan secara aktif dalam penulisannya untuk tetap menggelorakan semangat mempertahankan NKRI.

“Kita boleh berbeda dan media juga boleh berbeda akan tetapi kita harus tetap satu,” kata Amrin.

Sementara itu, Ketua DPW PWOI Jawa Tengah Rahmat Dakwah menyampaikan apresiasinya atas antusiasme dari seluruh pengurus PWOI yang ada di Jawa Tengah dalam menyukseskan Silatda.

Rahmat Dakwah juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada pengurus PWOI Magelang Raya atas peran pentingnya dalam mempersiapkan segala sesuatunya sehingga silatda Jawa Tengah pada tanggal 10 Juli 2019 di Magelang dapat terselenggara dengan baik.

“Terkait dengan keanggotaan PWOI, saya tekankan agar setiap wartawan yang tergabung dalam PWOI legalitas dari medianya harus valid dan bisa dipertanggungjawabkan serta bagi wartawan yang hadir pada acara Silatda ini, akan mendapatkan ID CARD nasional yang diterbitkan oleh DPP PWOI,” katanya.

Ian Lubis selaku Sekjen PWOI Pusat dalam kesempatan menyampaikan tentang kwalitas tulisan berita dari para wartawan dan lebih teliti lagi dalam membuat berita.

Ian Lubis lebih menekankan pada menegaskan bahwa berita hoax lebih berbahaya bila dibandingkan bahaya laten karena daya rusaknya lebih dahsyat.

PicsArt_07-11-02.16.53

Menurut Ian Lubis, bahwa dasar dari berdirinya Perkumpulan Wartawan Online Independen (PWOI) yaitu bertujuan untuk meredam dampak negatif dari tulisan dalam sebuah berita yang bersifat instan tanpa mengindahkan kode etik jurnalistik.

“Budaya instan yang berkembang saat ini dan kemudahan administrasi dalam mendirikan sebuah perusahaan media, telah memunculkan banyak persoalan,” pungkas Ian Lubis.

Pada gelaran silatda tersebut juga diadakan lomba penulisan berita tercepat, di mana jurnalis dari bratapos atas nama Nardi Cak wer menjadi peringkat ke-3 terbaik sebagai penulis berita tercepat event silatda PWOI DPW Jawa Tengah.

Reporter : Nardi CakWer/adp
Editor : jas
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA