oleh

Hadirnya Profesi Baru Di Era Digital

Seiring dengan kemajuan  teknologi yang berkembang  secara cepat, kini banyak profesi baru yang bermunculan. Salah satunya adalah menjadi seorang youtuber. ya, kata itu sudah banyak dibicarakan oleh masyarakat. Coba kita lihat disekitar kita banyak orang yang suka menonton youtube daripada menonton televisi . Dan saya sudah membuktikan bahwa banyak orang disekitar yang menggunakan aplikasi youtube. Mulai dari keluarga, saudara, teman jauh, teman dekat, dan masyarakat sekitar menggunakan youtube untuk melihat video. Dapat disimpulkan bahwa dari youtube semua orang dapat melihat berbagai macam konten yang dibuat oleh seorang youtuber.

Nah lalu apa itu youtuber ? youtuber merupakan  suatu istilah yang digunakan untuk pengguna media sosial atau bisa dibilang seseorang yang memasang video (uploud)  dengan konten kreativitasnya seperti : tutorial, dairy vlog, film pendek (short movie), cover lagu, video review dan sebagainya. Dengan begitu para penonton dapat melihat video yang mereka buat  dichannelnya. Seorang bisa dikatakan youtuber pastinya sudah memiliki popularitas yang terkenal dan mampu memanfaatkan youtube sebagai salah satu media online untuk mendapatkan uang  dari pengiklanan monetisasi seperti google adsense. Penonton yang melihat video anda dan menekan tombol subscribe dialah yang disebut sebagai subscriber. Dengan adanya subscriber yang memberi like, comment dan melihat videonya sampai habis, nah dari situlah youtuber mendapatkan penghasilan yang dibayarkan  oleh pihak youtube.

Dengan  konten yang berbeda seorang youtuber dapat mendapatkan kesuksesannya masing-masing. seperti halnya youtuber dari indonesia. Yang pertama sebut saja Atta Halilintar siapa yang tidak kenal dengan salah satu youtuber nomor satu se Asia ini,  yang memiliki jumlah subscriber 17,2  juta. Atta adalah salah satu youtuber yang sukses dibidang entertainment dengan konten yang menghibur dan terkenal yaitu “Grebek Atta dan “Borgol Atta”. Atta juga terkenal dengan jargon ciptaannya yaitu kata “ashiyap” yang menjadi ciri khas darinya dan juga menjadi buah bibir di masyarakat. Selain Atta ada juga youtuber yang sukses dibidang entertainment yaitu Ria ricis yang kemarin baru mendapatkan subscriber 15 juta.  Yang kedua youtuber dengan nama channel The Shiny Peanut dengan kontennya yang membahas dan membuat video-video yang lagi viral dari dunia internet dunia. Ia berhasil mencapai 7 juta subscriber. Yang ketiga youtuber dengan konten gamming dengan channel Jess No Limit . channel ini menampilkan gamming yang dimainkan oleh seseorang. Ya sedikit membosankan terdengar ditelinga kita namun hal ini mendapat respon dan peminat yang banyak dari pengguna youtube. Hal itu terbukti dengan jumlah subscriber yang sudah mencapai 5,8 juta. selanjutnya ada youtuber dalam bidang mencover lagu yang berasal dari Sidoarjo Jawa Timur. Yang terkenal dengan nama channelnya yaitu Dimas Gepenk, kini ia sudah mempunyai subscriber 2,7 juta.  ada juga youtuber  yang sukses dalam konten animasi seperti Rizky riplay dengan jumlah subscriber 2,6 juta, wowo dan teman-teman dengan jumlah subscriber 1 juta dan masih banyak lagi.

Selain itu banyak juga dari youtuber yang menampilkan konten tutorial, review makanan, minuman, snack, smartphone, dan masih banyak lagi. Berawal dari membuat video kreatif secara iseng-iseng kini nama mereka terkenal didunia youtube. bukan cuman itu tapi mereka juga sudah mempunyai penghasilan yang lebih dari seorang pengusaha. Penghasilan mereka bermacam-macam mulai ratusan ribu hingga ratusan juta. Semua orang bisa menjadi seorang  youtuber. Pastinya jika anda ingin jadi youtuber Anda harus siap Mental dan mempunyai  ide kreatif untuk ditampilkan. Berdasarkan dari pengalaman teman. Saya mendapat informasi tentang bagaimana cara menjadi seorang youtuber pemula. Sebelum memutuskan menjadi yotuber kita harus menyiapkan hal penting terlebih dahulu seperti:  tentukan konten yang akan di buat, seperti apa video yang akan di buat, terkait dengann pengeditannya juga. sebenarnya hanya sebagai gambaran tentang video yang akan dibuat. Di dunia youtube, anda harus bersungguh-sungguh dalam membuat video dan juga kalian harus sabar. Karena yang namanya tantangan itu pasti ada.

 untuk menjadi youtuber hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat konten yang menarik. Ini adalah hal penting dalam ngeyoutube. Karena faktor ini yang menentukan channel  akan berkembanag atau tidak. Coba kamu pikirkan jika menjadi sebagai penonton youtube pastinya kamu mencari konten yang menarik dan tidak membosankan. Karena dengan konten yang menarik penonton akan betah di channel anda. Durasi video tak harus panjang, cukup 5-20 menit saja agar penonton tidak merasa bosan. Disamping itu juga harus membuat beberapa hal yang menarik dari judul video tersebut, thumbnail (cover video), membuat deskripsi yang jelas, padat dan pastinya berhubungan dengan video , jangan lupa juga beri tag yang bagus agar video mudah dicari dan ditonton banyak orang. yang kedua yaitu Konsisten dalam membuat konten / karya. Dalam membuat konten, k harus konsisten agar orang terus betah di channelnya. membuat konten yang sesuai dengan fashion dan keinginan diri sendiri. Hal itu bisa membuat  nyaman dalam membuat video dan menjadi ciri khas (personal Branding) seseorang. Dan juga tidak mudah berubah dengan konten yang di buat, karena hal itu akan membuat penonton tidak tertarik dengan konten yang dibuat dan berfikiran bahwa tidak konsisten dalam membuat konten. yang ketiga yaitu Selalu “ Up To Date”. Dalam membuat konten  harus mengetahui informasi-informasi yang terbaru dari youtube. Apa yang sedang trending dimasyarakat, dengan begitu akan bisa buat konten sesuai trending. Karena sesuatu yang trending biasanya banyak dicari penonton setia youtube. Dan pastinya video  akan banyak ditonton oleh pengguna youtube. yang keempat mempromosikan video. Setelah menguploud video, promosikan di berbagai sosial media seperti: story instagram, facebook, whatsapp, twitter, line dan lain-lain. Cara lain untuk mempromosikan video  adalah dengan berkolaborasi dengan youtuber lain yang sudah mempunyai subscriber cukup banyak. Hal ini sudah terbukti mampu mendatangkan subscriber baru secara otomatis. Yang kelima yaitu Niat yang kuat dan pantang menyerah. Ini adalah hal penting  jika ingin menjadi youtuber yang hebat. Mungkin sebagian orang bisa viral dan terkenal dengan mudah melalui video yang dibuatnya secara iseng. Tetapi sebagian besar orang harus bersusah payah untuk menjadi terkenal. Maka dari itu jika anda yakin bahwa youtuber adalah cita-cita anda, bersungguh-sungguhlah anda dalam membuat video karena usaha dan niat tidak akan menghianati hasil.

Itulah beberapa hal untuk menjadi youtuber pemula. Apakah anda tertarik menjadi youtuber? Meskipun sudah banyak youtuber diluar sana yang sudah terkenal. Bukan berarti kalian tidak ada kesempatan untuk menjadi youtuber yang terkenal juga. Tidak ada salahnya jika kalian ingin berkarya lewat youtube. Kita tidak akan tahu kemampuan kita sebelum melakukan suatu hal, barangkali dengan mencobanya  akan menjadi yang terbaik bagi diri kita.

Spirit….

IMG-20190624-WA0026
Penulis : :Khoirul Nasikhin Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah

 

REKOMENDASI UNTUK ANDA