oleh

Pagelaran Wayang Kulit Meriahkan Bersih Desa Pakel

Trenggalek , Bratapos.com – Sebagai bentuk rasa syukur atas hasil bumi dan anugrah serta rezeki yang telah diberikan selama satu tahun terakhir, warga Desa Pakel Kecamatan pule menggelar acara bersih desa .

Dalam acara bersih di hadiri jajaran Muspika dan Polsek Pule dan anggota koramil pule Anggota Koramil dan Karangtaruna desa pakel senin 08/07/2019.

Acara bersih desa tersebut dimeriahkan dengan pertunjukan wayang kulit dengan Kidalang kondang Sujud, dengan lakon bimosuci yang di gelar di balai desa Pakel .

Kepala desa Pakel Paimin melalui Agus perangkat desa pakel menuturkan,” Acara bersih desa tersebut merupakan agenda yang dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas hasil bumi yang melimpah serta nikmat kesehatan yang telah dirasakan selama ini.

“Setiap tahun hasil pertanian masyarakat terus mengalami peningkatan Meskipun ada gangguan hama, namun semuanya masih dalam kadar normal dan bisa diatasi petani. Bersih desa ini sebenarnya lebih kepada memanjatkan rasa syukut kepada Allah SWT atas nikmat dan rezeki yang telah diberikannya,” katanya.

Selain acara bersih desa lanjutnya, dalam kesempatan itu juga dikemas acara hiburan berupa pertunjukan wayang kulit yang bertujuan selain menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jika mengadakan hiburan musik, juga sebagai upaya dalam melestarikan budaya yang saat ini sudah jarang diminati oleh masyarakat.

Sementara itu Kepala Desa pakel melalui Agus mengatakan acara bersih desa atau selamatan desa tersebut merupakan agenda yang selalu ditunggu oleh masyarakat setiap tahunnya. “Harapan kita acara ini selalu dilaksanakan setiap tahunnya karena dengan demikian kekompakan masyarakat akan terlihat. Ini merupakan suatu kebangaan bagi kita semua. Kekompakan ini hendaknya selalu dijaga,” katanya.

Reporter : yanto

Editor : dr

REKOMENDASI UNTUK ANDA