oleh

12 Hari Hilang Pendaki Gunung Piramid Bondowoso Ditemukan Tak Bernyawa

Bondowoso , Bratapos.com – Thoriq Rizki Maulidan, seorang pelajar yang mendaki Gunung Piramid Bondowoso, Jawa Timur yang dinyatakan hilang, akhirnya ditemukan pada Jum’at (5/7/2019). Namun pelajar yang baru lulus dari sekolah menengah pertama itu ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

Menurut pihak Tim Gabungan Pencarian Thoriq, posisi jenazah ditemukan tertelungkup tersangkut di batang pohon di sebuah jurang sisi selatan Gunung Piramid Bondowoso.

Foto korban semasa hidup
Foto korban semasa hidup

” Melihat dari terjalnya medan tempat ditemukannya survivor, diduga korban terjatuh dan terperosok lalu tersangkut di batang pohon, “ujar Eko Wahyu Prasetyo, Bidang Operasional SAR Wanadri dalam rilisnya.

Tim gabungan yang terdiri dari SAR Wanadri, Gema Mahapala Unibo, Relawan Brigade Penolong, TNI, Polri dan BPBD dibantu masyarakat sekitar.

Sementara itu Kepala BPBD Bondowoso, Kukuh Triatmoko menjelaskan kronologis pencarian Thoriq pada Bratapos. Menurut Kukuh pihaknya menerima informasi tentang hilangnya seorang pendaki di Gunung Piramid dari Pramuka Brigade Penolong.

” Tanggal 23 Juni kami menerima info ada pendaki hilang, lalu kami menghubungi BASARNAS Jember. Kemudian tanggal 24 Juni BASARNAS Jember mulai terjun ke lokasi melakukan pencarian, “ujar Kukuh.

Kukuh melanjutkan, sebanyak 12 Tim Gabungan yang berjumlah 120 orang melakukan penyisiran di Gunung Piramid hingga satu minggu lamanya. Namun karena tidak ditemukan tanda-tanda adanya Thoriq, akhirnya pencarian dihentikan tanggal 30 Juli.

” Namun karena penasaran dan ingin menuntaskan pencarian, pada tanggal 1 hingga 2 Juli dilakukan penyisiran ulang. Kemudian tangal 3 Juli Tim melakukan evaluasi, ternyata masih ada lokasi yang belum disisir, “ucapnya.

Pada tanggal 4 Juli Tim melakukan pencarian ke lokasi yang belum disisir. Kemudian tanggal 5 Juli jenazah Thoriq ditemukan sudah tidak bernyawa.

” Tim kemudian melakukan evakuasi terhadap korban yang dimulai sejak pagi. Evakuasi berjalan sedikit lamban karena medan yang cukup sulit. Kemudian sore sekitar pukul 16.30 jenazah di evakuasi ke RSUD Bondowoso, “jelas Kukuh.

Almarhum Thoriq dikenal sebagai pelajar yang pandai. Di sekolahnya SMPN 4 Bondowoso, Thoriq cukup dikenal karena kemampuannya di bidang kesenian maupun olahraga. Saat PPDB lalu, Thoriq diterima sebagai siswa SMAN 2 Bondowoso.

Menurut sebuah sumber, Thoriq melakukan pendakian Gunung Piramid ditemani 3 orang temannya. Mereka bermaksud melihat matahari terbenam dari atas Gunung Piramid. Namun karena kondisi cuaca berkabut, niatan melihat matahari terbenam diurungkan.

Mereka berempat lalu balik arah, dalam perjalanan kembali inilah Thoriq menghilang. Hingga akhirnya ditemukan sudah tidak bernyawa.

Reporter : Rifai/Dayat

Editor : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA