oleh

Petani Singkong Pudun Jae Adakan Panen Raya

SIDIMPUAN, Bratapos.com – Budi daya singkong semakin diminati,utamanya bagi para petani singkong yang ada di seputaran wilayah Desa Pudun jae kecamatan Sidimpuan Tenggara atau lebih dikenal sebutan barunya JB(Jalan baru red).

Dari hasil penelusuran ke lokasi pertanian singkong di salah satu lahan(kebun) warga,kami melihat secara langsung panen seorang petani sekalian menanyakan cara penanama agar hasilnya bagus(4/7)Kamis.

Memang daerah dari pada lahan yang ada di daerah pudun jae sangat cocok dan subur untuk tanaman jenis singkong boleh dibilang sudah cukup lama para petani ataupun warga di sekitar menggeluti usaha kebun singkong.

WhatsApp Image 2019-07-04 at 13.43.25

Untuk mendapatkan hasil bagus para petani membuat target (waktu red)dalam kurun delapan bulan agar besarnya singkong semakin bagus untuk para toke yang mau menampungnya dan sesuai harga dtandard pasaran harga per satu kilonya Rp.1.500.dan selanjutnya dilemparkan kepasaran menjadi satu kilonya Rp.2.500.

Bagi kalangan pelaku usaha rumahan(Home idustri) singkong dapat memberikan warna ciri khas tersendiri  bagi keluarga;warga yang membidangi pengolahaan makanan yang ber sumber dari singkong salah satu contoh,Keripik sambal,tape dll.

Ros boru regar(Umak cuenk) seorang warga petani singkong,dengan perasaan senang beliau memaparkan dari berkebun  ini kita harus giat dan tekun supaya hasilnya kelak dapat menyekolahkan anak apalagi penghasilan suami sedikit macet kita harus mau,sabar untuk mengupayakan agar hasil panen kebun kita berhasil dan singkongnya besar besar”Tutupnya”.

Reporter              : Iwansumadi

Editor                   : Dr

Publisher             : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA