oleh

Memoles Potensi Wisata Pantai Di Jawa Timur

-Terbaru-1.237 views

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dianugerahi jutaan lautan dan pantai yang sangat mempesona. Dan kita sendiri sebagai orang indonesia, seharusnya bisa menjelajahi terlebih dahulu keindahan bahari dalam negeri, sebelum ke luar negeri.

Dan salah satunya ada di Indonesia yaitu provinsi  Jawa Timur , Di provinsi ini tidak hanya dikenal sebagai wilayah dengan berjuta peninggalan sejarahnya, tetapi juga kaya akan objek wisata alam nya yang menawan.

Garis pantai Jawa Timur yang panjang, dengan berbagai karakteristiknya menjadikan Jawa Timur sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik, baik bagi wisatawan asing maupun mancanegara.

Seringkali ditemui orang Indonesia yang kerap berpergian ke luar negeri atau bahkan keliling dunia namun bahkan belum pernah ke tempat-tempat wisata Indonesia. Bahkan sesederhana dan seterkenal Jawa Timur misalnya. mendingan kamu membayangkan pantai-pantai keren yang bisa kamu sambangi. Gak perlu jauh-jauh mencari sampai Wakatobi ataupun Bali.

Ya, keindahan alam jawa timur malah menjadi daya Tarik lebih bagi para wisatawan mancanegara yang mendambakan wisata alam tidak biasa. Oleh karena itu, Jawa Timur menjadi lokasi yang tepat bagi mereka yang mendambakan perjalanan wisata petualangan.

Beberapa di antaranya ada Pantai Gondo Mayit (Blitar), Air Terjun Madakaripura (Probolinggo), Taman nasional Meru Betiri (Jember-Banyuwangi), Pantai Jonggring Saloko (Malang), Pantai Balekambang (Malang), Pantai Gua Cina (Malang), Pantai Klayar (Pacitan), Pulau Bawean (Gresik), Gili Labak (Madura). Pantai Pasir Putih (Situbondo)

Pantai di Jawa Timur sendiri juga sudah dilengkapi oleh berbagai fasilitas wisata. Contohnya seperti, Penginapan dengan harga yang sangat-sangat terjangkau, Dan juga ada restoran dengan berbagai menu kuliner khas daerah nya masing-masing.

Pesona bawah laut di pantai sekitar provinsi jawa timur sangatlah menarik terdapat terumbu karang dan arus ombak laut yang sangat tenang membuat pantai-pantai tersebut menjadi spot snorkling dan diving yang menarik, bagi wisatawan yang memiliki hobi menyelam dan mengagumi keindahan bawah laut pantai ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk melakukan aktivitas para wisatawan semua.

Untuk wisatawan yang tidak membawah alat snorkling tidak usah khawatir, biasanya di pantai itu juga terdapat jasa penyewaan berbagai alat untuk snorkling, diving, dan sewa perahu untuk menyusuri keindahan bawah laut pantai.

Ada juga pantai yang benar-benar unik, pantai ini memiliki seruling laut yang gak dimiliki pantai-pantai lainnya. Seruling laut ini berupa celah di sebuah batu karang besar yang menyemburkan air setiap kali ombak menghempas. Air laut menyembur ke atas dan menimbulkan bunyi serupa siulan. Gak cuma itu, kamu juga bisa menemukan karang raksasa yang mirip patung Sphinx di Mesir.

Peningkatan pengunjung pantai di Jawa Timur tampak terlihat ramai selalu dari antrian kendaraan di depan pintu masuk tempat wisata. Rata-rata mereka berasal dari luar Jawa Timur dan sekitarnya, Beberapa pengunjung juga ada yang bukan dari jawa timur diantaranya dari luar provinsi yang kebetulan memiliki kerabat atau saudara di jawa timur.

Objek wisata pantai jawa timur ini memang masih menjadi primadona, Meskipun banyak berkemunculan objek wisata pantai baru di luar provinsi jawa timur. Tentunya dari semua wisata pantai itu pasti ada salah satu ikon dan yang ciri khas nya sendiri dari pantai-pantai tersebut.

Meskipun pantai yang jarak nya cukup jauh dari pusat kota dan jalan akses menuju ke pantai kurang enak untuk dilintasi dijamin setelah tiba di lokasi semua kepenatan dan rasa lelah itu akan segera terbayar dengan keindahan pantai beserta pasir yang indah dan alam sekitarnya yang menyejukkan hati.

 Oleh karena itu jangan segan-segan untuk mampir ke tempat wisata pantai jawa timur dan menyaksikan indahnya pemandangan sunset pada sore hari.

Salah satunya ada Pantai Pasir Putih situbondo, pantai ini sendiri terletak pada bagian utara pulau jawa, Atau yang berada di Selat Madura. Dan keberadaannya yang berada di utara pulau jawa, membuat ombak pantai ini tidak terlalu besar dan bahaya, Pantai pasir putih ini sangat cocok untuk wisata keluarga.

Dan apalagi letak pantai pasir putih sangat-sangat strategis, yaitu di jalur pantura, tepatnya di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo, Jawa Timur.

Daya tarik wisata pasir putih ini sendiri dari keindahan pantainya, para wisatawan bisa menikmati itu semua dengan menaiki perahu nelayan. Banyaknya karang dan batuan yang ada di laut dan sekitar pantai adalah dari sumber utama dari proses terbentuk nya pasir putih berawal dari kikisan batuan karang yang ada di pantai karena terkena sapuan ombak terus menerus.

Kemudian kikisan tersebut terbawa air dan mengenap di pantai, proses tersebut tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain hempasan ombak dan arus laut proses terbentuknya pasir putih juga bisa dikarenakan oleh terpaan cuaca dan hembusan angina secara terus menerus pada batuan dan karang yang ada disekitar pantai atau laut.

Sehingga lama-kelamaan sedimentasi yang terjadi membentuk pantai pasir putih yang indah dan eksotis. Menyusuri keindahan pantai pasir putih membuat hati kita menjadi teduh, pasirnya yang putih, airnya yang jernih dan gelombang ombak yang tidak terlalu besar membuat pantai ini menjadi sangat menyenangkan saat dikunjungi.

Di sebelah barat pantai terdapat dermaga dari tempat yang digunakan untuk naik dan turun penumpang inilah pemandangan sisi lain dari pantai pasir putih dapet terlihat, untuk wisatawan yang ingin naik ke dermaga cukup membayar uang 2 ribu / orang.

Jadi, buat kalian nih yang ingin refreshing tidak usah bingung lagi mencari wisata jauh-jauh cukup datang di Jawa Timur kalian sudah bisa menikmati indahnya pantai-pantai itu semua dan tidak kalah popular juga dengan wisata yang lainnya.

Agar wisata tersebut selalu dikunjungi oleh wisatawan maka Gubernur Jawa Timur harus terus mempromosikan sebagai salah satu destinasi wisata alam yang dicintai baik oleh turis lokal maupun mancanegara.

Misalnya wisata itu di posting lewat media sosial, upaya itu juga bisa menjadikan wisatawan yang awalnya tidak mengetahui akhirnya menjadi tau. Dan upaya tersebut harus diimbangi oleh para pengunjung dengan tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan agar pantai nyaman saat di kunjungi dan tetap terlihat sangat indah.

REKOMENDASI UNTUK ANDA