oleh

7 Desa Di Kecamatan Jangkar Akan Gelar Pilkades Serentak

SITUBONDO, Bratapos.com – Di Kabupaten Situbondo pada bulan Oktober nanti akan digelar Pilkades Serentak. Pelaksanaan Pilkades serentak itu juga termasuk di Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Sedikitnya ada 7 Desa yang akan melakukan pilkades. Masing-masing desa itu adalah Desa Jangkar, Angel, Gadingan, Kumbangsari, Sopet, Palangan dan Desa Curah Kalak.

Menurut Camat Jangkar, H. Sutrisno, SH, pelaksanaan Pilkades Serentak di Kecamatan Jangkar Akan dilaksanakan sebanyak dua tahap. Tahap pertama pada bulan Oktober, sedangkan tahap kedua akan dilaksanakan pada bulan Desember.

” Jadi pelaksanaan Pilkades serentak di Kecamatan Jangkar itu dua tahap, pertama bulan Oktober 4 desa, yakni Desa Jangkar, Palangan, Sopet dan Curah Kalak. Tahap kedua bulan Desember ada 3 Desa yaitu Desa Angel, Kumbangsari dan Gadingan, “ujar Sutrisno Jum’at (28/6/2018).

Sesui dengan juklak juknis, pihaknya kata Sutrisno telah memerintahkan kepada BPD (Badan Permusyawaratan Desa) lama dan BPD baru di desa masing-masing untuk membentuk panitia Pilkades.

WhatsApp Image 2019-06-28 at 13.24.37 (1)

” Jadi kalau Pilkades bulan Oktober itu wewenang BPD lama di masing-masing desa. Untuk Pilkades bulan Desember itu wewenang BPD yang baru dilantik beberapa waktu lalu, “terang Sutrisno.

Sutrisno menambahkan sejauh ini proses pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Jangkar tidak ada kendala. Panitia Pilkades di masing-masing desa sudah terbentuk.

Sebagai orang nomor satu di Kecamatan Jangkar, dirinya merasa yakin bahwa nantinya pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Jangkar kondusif.

” Ini karena kesadaran masyarakat cukup tinggi untuk menciptakan pilkades damai. Karena pilkades ini bukan barang baru, masyarakat sudah memahami dan mengerti kaitannya dengan pilkades, “jelasnya.

Selaku Camat Jangkar, Sutrisno menghimbau agar masyarakat menggunakan hak pilihnya. Karena pilihan masyarakat terhadap pimpinannya akan menentukan nasib desa 6 tahun kedepan.

Reporter              : Dayat

Editor                   : Dr

Publisher             : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA