oleh

Hak Jawab dan Tanggapan Redaksi bratapos.com atas berita “Kepala Sekolah Menekan Wali Murid Membayar Uang Pembangunan Gapura SD Negeri Juwana”

Kepada Yth Bapak Zaibi Susanto, SH,. MH

Penanggungjawab Redaksi Bratapos

Di tempat

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan pemberitaan di brata pos Hari Rabu tanggal 19 Juni 2019 dengan judul “Kepala Sekolah Menekan Wali Murid Membayar Uang Pembangunan Gapura SD Negeri Juwana”, kami atas nama guru SD Negeri Juwana menyampaikan koreksi dan klarifikasi atas pemberitaan tersebut sebagai hak jawab kami yang tertera dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 199 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, sebagai berikut:

  1. Kami sangat menyayangkan atas penulisan berita yang tidak sesuai dengan kaidah kepenulisan yang baik. Ketidaksuaian tersebut terdapat pada penempatan tanda baca, pemakaian huruf kapital dan kaidah kepenulisan jurnalistik, terutama dalam penulisan narasumber, dan memuat opini penulis, yang kami anggap tidak sesuai. Narasumber berita yang dirahasiakan tanpa keterangan, membuat bobot tulisan tersebut tidak layak dikatakan sebagai berita, apalagi memuat diksi yang menggiring opini publik, yang itu tidak sesuai dengan fakta.
  2. Kami juga meminta klarifikasi pihak yang Anda jadikan narasumber, mohon dijelaskan kejelasan namanya agar tidak terjadi kesalahpahaman di antara pihak sekolah, komite, orang tua dan media.
  3. Kami ingin mengklarifikasi kejadian di SD Negeri Agungmulyo. Pada hari Selasa, 18 Juni 2019 pihak sekolah sudah melakukan konfirmasi terhadap media yang mengatasnamakan dari media Isknews dan suara hukum bahwa jika redaksi opini dari Brata Pos, ditulis sedemikian maka pihak SD menyatakan keberatan. Sekolah tidak pernah menekan kepada wali murid membayar uang gapura. Seperti yang sudah disampaikan Bapak Wardjo kepada media bahwa tidak ada unsur memaksa. Adapun iuran tersebut adalah musyawarah antara komite sekolah dan wali siswa.
  4. Semoga dengan kejadian ini, kita bisa saling bertabayun dan tetap bekerja sama ke depannya demi kemaslahatan bersama, masyarakat luas, wali siswa, pihak sekolah pun dengan pihak media. 

Hormat kami,

Guru SDN Agungmulyo

Siti Rukayah, S.Pd.


Tanggapan Redaksi:

Terima kasih untuk hak jawab yang saudara sampaikan Redaksi bratapos.com sebelumnya menayangkan berita secara online pada  Hari Rabu tanggal 19 Juni 2019 dengan judul “Kepala Sekolah Menekan Wali Murid Membayar Uang Pembangunan Gapura SD Negeri Juwana” dari reporter kami dari Kabiro Pati atas nama SHOLICHUL HADI, dan pada hari sabtu tanggal 22 Juni 2019 sudah kami tayangkan melalui online bratapos.com tentang hak jawab yang telah di kirim melalui pesan elektronik whatsapp (WA) pada hari Jumat tanggal 21 Juni 2019 dari perwakilan Sekolah SD Negeri Juwana atas nama Siti Rukayah, S.Pd. akan tetapi pada tanggal 24 Juni 2019 melalui pesan elektronik E Mail redaksibratapos@gmail.com pihak Sekolah SD Negeri Juwana yang di wakili oleh Siti Rukayah, S.Pd mengirimkan pesan dan suratnya untuk menurunkan berita Hak Jawab dari Sekolah SD Negeri Juwana.

Kami perlu menjelaskan disini bahwasanya kami sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Dan apabila ada klarifikasi tentang pemberitaan tersebut bisa menghubungi saudara SHOLICHUL HADI dengan No. Tlp 082325958964 yang beralamat di Desa Karangkonang RT.04 RW. 01 Winong,Pati Jateng

Namun perlu kami sampaikan disini tentang tanggapan hak jawab yang saudara sampaikan, bahwasanya pasal 4 ayat (4) UU Pers, dimana dijelaskan agar wartawan dapat melindungi sumber-sumber informasi, dengan cara menolak menyebutkan indentitas sumber informasi.

Demikian penjelasan singkat redaksi bratapos.com mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas pemberitaan sebelumnya.

Terima kasih Atas hak jawab Dan Klarifikasi Berita yang telah disampaikan.

Editing : Wo

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA