oleh

Malam Penganugerahan SBH, Bupati Saiful Ilah Ingatkan Tumpukan Sampah TPA Jabon Capai 20 Meter

Sidoarjo , Bratapos.com – Lingkungan yang bersih dan nyaman pada saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan, untuk itu Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sangat berkomitmen dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan hijau dengan menggelar malam penganugarahan Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH) tahun 2019, Sabtu (22/6) di Alun – alun Sidoarjo.

Malam penganugerahan SBH 2019 di buka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, S.H., M.HUM. Acara ini juga dimeriahkan dengan lomba yel – yel perwakilan dari 18 kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo Ir. Sigit Setyawan,MT, selaku ketua panitia melaporkan bahwa perkembangan kabupaten Sidoarjo menjadi kota urban juga sangat berpotensi terhadap peningkatan produksi  sampah. Setiap hari potensi timbunan sampah di kabupaten Sidoarjo mencapai 2400 ton.

Berdasarkan Perpres no. 97 tahun 2017, kebijakan nasional strategi pengelolaan sampah dengan 2 poli, yakni pertama dengan pengurangan sampah dan pola pengelolaan sampah.

Dan upaya pengelolaan sampah ini harus bersinergi dengan masyarakat. Dan SBH ini merupakan upaya pengurangan sampah oleh masyarakat dengan sistem 3 R. “SBH ini harus terus digeloran sebagai Upaya pengurangan sampah yang sesuai dengan kebijakan nasional, sehingga tahun 2025 betul -betul 30% dari potensi sampah nasional bisa dilakukan dengan pengurangan,” jelas Sigit.

Menurut Sigit, Pemkab Sidoarjo juga telah berupaya untuk melakukan 70 % pengolahan sampah dengan membangun TPS dan TPST  maupun TPS 3R termasuk pembangunan TPA di kabupaten Sidoajo yang dibantu oleh kementerian PU dengan nilai Rp. 275 Milyar yang diperkiran tahun depan sudah mulai berfungsi.

Malam penganugerahan SBH ini Bupati Sidoarjo, H. Saiful ilah, S.H, M.HUM berpesan dengan adanya kegiatan SBH ini sebagai pemicu bagi masyarakat untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan. Perlu diketahui juga dengan semakin meningkatnya produksi sampah, di Kabupaten Sidoarjo hanya memiliki satu TPA di Desa Kupang Kecamatan Jabon, yang kondisinya saat ini sudah over kapasitas sampahnya. Timbunan sampah di TPA Jabon sudah mencapai 20 meter.

Pada kesempatan ini saya mengajak kepada seluruh warga masyarakat sidoarjo baik yang berada di lembaga pemerintahan atau swasta da organisasi kemasyarakatan agar lebih memahami akan pentingnya kebersihan dan mencintai keindahan dan kelestarian lingkungan, ” pinta Abah Ipul.

Diakhir acara Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo serta Pimpinan DPRD dan Forkopimda Kabupaten Sidoarjo menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba yel – yel  juara 1 sampai dengan tiga dari Desa Kludan  Kecamatan Tanggulangin, Desa Jemundo Kecamatan Taman dan Desa Lajuk Kecamatan Porong.

Untuk penghargaan Desa paling inovatif diraih oleh Kelurahan Gebang Kecamatan Sidoarjo.Pejuang lingkungan terbaik Bani Hariyadi dari Desa Mergosari Kecamatan Tarik. Dan Kades pembina lingkungan terbaik juara 1 sampai dengan tiga diraih oleh Kades Lajuk Porong, iswan, Kades Jemundo Sugeng Santoso, Kades Kedung Rawan Krembung Khusno.

Puncaknya sebagai juara SBH Award 2018/ 2019  juara 1 diraih oleh Desa Kepuh Kemiri Tulangan, juara 2 Desa Ngaresrejo Sukodono, dan juara 3 Desa Ganting Sukodono. Sedangkan untuk harapan 1 dan dua diraih oleh Desa Kludan Tanggulangin, dan Desa Prasung Buduran.

Reporter : Sult

Editor : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA