oleh

Pemkab Aceh Selatan Gelar Lomba B2SA dan Cipta Menu Serba Ikan

Tapaktuan – Bratapos.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Dinas Pangan, beserta Dinas Kelautan dan Perikanan setempat, menggelar  lomba cipta menu makanan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA), serta lomba cipta menu serba ikan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk Amran selaku mewakili bupati, berlangsung di halaman pendopo bupati, Jalan Nyak Adam Kamil Tapaktuan, Kamis (20/6/2019).

Peserta lomba tahun ini selain diikuti 18 kecamatan juga diikuti tiga instansi pemerintah, yakni Dinas Kesehatan, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), dan
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataaan Ruang (PUPR) Aceh Selatan.

Wabup Tgk Amran dalam arahannya mengharapkan kepada para peserta lomba baik dari kabupaten dari kecamatan maupun dari dinas yang mendapat juara agar mempertahankan kreativitas untuk dilombakan ke tingkat provinsi.

“Begitu juga kepada juri, kita harapkan betul – betul menilai agar nantinya mendapat nilai yang betul – betul nomor satu. Sehingga nantinya kita tidak kecewa ketika dilombakan di tingkat provinsi,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Aceh Selatan, Hj Jafnimar Jafar, istri Bupati H Azwir S.Sos dalam arahannya diantaranya menyebutkan, keikutsertaan tiga dinas dalam lomba B2SA dan cipta menu serba ikan sebagai pembanding.

“Kegiatan ini adalah acara rutinitas yang dilakukan setiap tahun dari pusat sampai provinsi maupun kabupaten/kota,” sebutnya.

Menurutnya, tujuan mengadakan perlombaan ini adalah supaya terciptanya menu-menu baru, juga terciptanya masakan-masakan baru di seluruh Indonesia.

“Maka dengan ada beragam menu ciptaan baru itu masyarakat baik itu pelancong, baik itu pariwisata nusantara dan mancanegara akan ramai-ramai berkunjung ke tempat kita Kabupaten Aceh Selatan,” ujarnya.

Sebab, lanjutnya, Aceh Selatan memiliki potensi destinasi wisata menarik seperti Pulau Dua, Air Terjun Tangga Seribu, dan Desa Pelangi di Gampong Lhok Rukam, Kec. Tapaktuan.

“Penyajian – penyajian menu yang disajikan nanti Insya Allah akan kita angkat menjadi makanan di Kabupaten Aceh Selatan dan akan kita sebarkan brosur-brosur kepada seluruh masyarakat baik di Provinsi Aceh maupun di wilayah Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Aceh Selatan H Abu Bakar SE menjelaskan,
lomba B2SA dan cipta menu serba ikan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat.

Khususnya dalam memilih dan menciptakan menu beragam bergizi seimbang dan aman sesuai dengan potensi sumber daya lokal keluarga untuk mengkonsumsi makanan sehari – hari.

“Pemenang lomba cipta menu B2SA dan cipta menu masakan serba ikan ini nantinya akan mewakili Kabupaten untuk mengikuti lomba di tingkat provinsi,” jelasnya.

Reporter : Asmar Endi

Editor : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA