oleh

Hutan KPH Guyangan, Winong Pati Terancam Punah Dengan Penebangan Secara Liar

PATI, Bratapos.com – Pati selatan terancam Punah jika bentuk kegiatan penggundulan hutan berjalan massif dan tidak terkoordinasikan . Hutan wilyah Gemisik , Guyangan , dan Lunggoh Puncakwangi dan winong yang terbilang utuh dan asri diterpa rumor Penggundulan karena program konsesi lahan pertanian kerjasama dengan KPH.

Hal ini disampaikan Kirno ( 67) Tahun terkait rencana penebangan hutan produksi di wilayah KPH petak Guyangan , winong Pati yang terlketah di sekitar desa penyangga hutan Karangsumber dan nggodho.

Hal ini di Investigasi langsung dilapangan oleh Bratapos kepada Manteri “KNR”dan ketua LSMDH” KRN” Bahwa perusakan hutan secra massif oleh tangan tangan tidak bertanggungjawab sudah terjadi dibeberapa wilayah KPH Kuwawur (KPH Gabus) ; di Godo. , kuwaur , Tambakromo, Mpedak, kayen , bahkan Sukolilo , wilayah wilayah tersebut sudah kehilangan kayu hutan yang sangat tak terbantahkan karena Fajktanya demikian.

sekalipun ada beberapa Bidangn Progran Hutan lindung yang tertinggal, bisa jadi bancakan Blandhong yang berkejasama dengan Orang dalam.

Mbah” Kirno” ketua dari LMDH Jati Lestari karangsumber , winong Kidul menyampaikan keprihatinan yang mendalam, menyayangkan semua usaha penebangan hutan secara liar itu jika tidak ada bantuan dari Negara , pemda dan Pusat untuk melakukan Program sosialisasi Dini kepada Masyarakat sekitar hutan untuk memepertahankan Hutan wilayahnya yaitu Guyangan, Kemisik dan Lunggoh , ini satu wilayah , sekalipun untuk Godo dan keselatah sudah Gundul dan rusak.

Pemerintah daerah diminta memberi perhatian ektra dengan memerintahkan stake Holder , departemen pertanian , kehutanan dan Kepolisian dan jajarannya , serta POLHUT untuk bekerja keras dan menindak tegas semua bentuk pencurian Kayu hutan dan aneka ragam hayati dan bebatuan di wilayahnya.

jika terpaksa dilakukan harus dibicarakan terbuka dan sinergis dengan pertimbangan ada perimbangan antara Program penjarangan ataupun ,penebangan hutan lanjuti , dan cepat diikuti dengan program penanaman Kembali ( reboisasi ) sebab tidak menutup kemungkinan bahaya banjir , dan longsor akan menimpa wilayahnya dan wilayah wilayah bawah di winong , misalnya daerah winong, dan jakenan dipastikan akan diterjang banjir bandang , jika hutan ini tidak dijaga dan dilestarikan.

hutan guyangan , Gemisik dan Lunggoh akan menjadi destinasi wisata andalan dan suaka alam jiha bisa dipertahankan dan dijahga bersam-sama.

Kami sebagai LSM Desa Hutan m,einta dan menghimbau semua pihak agar menjaga keletarian hutan dan anekaragaman hayati didalamnya , termasuk bebatuan tambang , untuk di hentikan penambangan liar dan galian C dan tanah yang selama ini mengendap-ngendap selalu dilakukan pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab”pungkas kirno .

Reporter              : Johanes Andipurnama

Editor                  : Dr

Publisher             : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA