oleh

Lumpuh Total Di Kepung Banjir Luapan Mahakam

SAMARINDA, BrataPos.com – Mahakam ulu.banjir kembali mengepung kabupaten mahulu. Akibat luapan sungai Mahakam yang kian tinggi debit air kian bertambah saat ini dua kecamatan Long Apari  dan  sekitar Longbagun Ujoh bilang dan sekitarnya terendam dengan ketinggian sekitar 4 meter.

Seluruh aktifitas warga lumpuh total, begitu juga fasilitas fasilitas umum seperti perbankan hari ini menutup aktifitas kantor nya di karenakan kantor terendam banjir. Aktifitas masyarakat pun tersendat jalan jalan tertutup luapan sungai Mahakam yang sangat deras.

Saat ini aktifitas warga di lakukan dengan menggunakan ketinting atau yang di sebut perahu ces. Luapan Mahakam ini juga menjadi peringatan bagi kampung kampung yang di hilir siap siap terkena imbas dari luapan sungai mahakam. Peringatan sudah di sampaikan agar warga di hilir siap siaga sebelum banjir mengepung di wilayah hilir.

Menurut pantauan tagana Mahakam hulu untuk sementara wilayah Ujoh bilang Longbagun dan sekitarnya belum ada didirikan posko ini di karenakan warga lebih memilih tinggal di rumah keluarga atau famili yang rumah nya aman dari banjir.

Peringatan juga di berikan ke pada warga untuk lebih waspada beraktifitas  dan berhati hati dalam menggunakan saluran listrik menghindari hal yang tidak kita inginkan. Kami dari Tagana juga siaga mengantisipasi bila keadaan Kian memburuk.

Karena perkembangan cuaca yang kian buruk. Kami sudah siap untuk mengantisipasi termasuk mendatangi kerumah   rumah warga yang terdampak dari luapan sungai mahakam.

Reporter   : Sulis

Editor        : Nr

Publisher    : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA