oleh

Pemeliharaan Jalan Pilang-Wonokasian 2018 Diduga di Rekayasa

Sidoarjo,Bratapos.com Proyek pemeliharaan Jalan Kabupaten Sidoarjo, penyambung Desa Pilang dan Desa Wonokasian Kecamatan Wonoayu dengan nilai pagu paket Rp 1.554.701.000, (1M) anggaran APBD Sidoarjo tahun anggaran (TA) 2018, dengan Satker Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Sidoarjo, diduga terjadi kesalahan perencanaan yang mengakibatkan terjadinya kegagalan kontruksi.

Aspal ambles Pilang-Wonoaksian depan SDN Sumberrejo,kondisi aspal yang tidak merekat pada ruas Pilang – ruas Wonokasian
Pasalnya baru beberapa bulan saja kondisi jalan yang baru dikerjakan beberapa bulan yang lalu ini telah mengalami ambles bergelombang dan berlobang di seluruh badan jalan pada titik depan puskesdes dan SDN sumberejo 1.

Realita dilokasi pekerjaan terjadi Indikasi kuat akan terjadinya kegagalan kontruksi ini terbukti dengan beberapa kali diperbaiki tapi kembali terjadi ambles dan terkelupas sehingga mengakibatkan lubang – lubang menggangga di badan jalan,dan sangat membahayakan masyarakat bagi pengguna jalan.

Sinyalemen kuat terjadinya kesalahan perencanaan ini dapat kita lihat dari kontur tanah yang cederung labil atau tanah gerak namun konsultan perencana tidak mengalokasikan adanya tembok penahan jalan hal ini dapat terjadi karena diduga konsultan perencana tidak melakukan survey infestigasi design (SID).

Reporter : Chand/dr

Editing : Wo

REKOMENDASI UNTUK ANDA