oleh

Puluhan Wartawan Kota Batu, Melaporkan Dugaan Ujaran Kebencian Yang Dilakukan Fi

KOTA BATU, BrataPos.com – Merasa profesinya Wartawan dihina dalam grop WhatsApp, di Forum Warga Batu (FWB) oleh salah satu anggota grop FWB yang diketahui atas nama Fi.

Puluhan wartawan yang bertugas liputan di wilayah Kota Batu, melaporkan dugaan pelaku penyebar ujaran kebencian ke Polres Batu. Laporan itu dilakukan Minggu, (26/5/2019).

Terkait adanya laporan tersebut, dibenarkan Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Anton Widodo. Menurutnya, dari puluhan wartawan yang dimaksud, pelapornya atas nama Agus Susanto, dari Wartawan SurabayaPost.id. Dan rekan – rekan wartawan yang lain, menurut Anton hanya sebagai saksi.

“Dengan laporannya itu, terkait sangkaan ujaran kebencian yang dilakukan terlapor inisial FI. Diketahui, dalam bukti tulisannya yang ditengarai telah menulis sebuah ujaran kebencian yang diduga dilakukan dari terlapor.

Kasat Reskrim juga menambahkan, berdasarkan bukti yang diserahkan pelapor kepada kami, tulisan dugaan ujaran kebencian, yang isinya seperti ini.

“Menjelang Hari Raya ini, pasti banyak LSM dan Wartawan yang masuk-masuk ke instansi – instansi. Dengan modus kegiatan atau apalah.¬† Kalau ini tidak dilayani, berimplikasi kurang baik. Dilayani sebenarnya tidak ada anggarannya, lantas bagimana menyisihkannya,” kata Anton Widodo.

Meski begitu, Anton Widodo mengaku berdasarkan laporan yang dimaksud, menurutnya masih akan melalukan penyelidikan lebih lanjut.

“Jadi laporan ini saya tangani, namun semuanya masih perlu proses penyelidikan. Lalu kalau bukti bukti mendukung, berlanjut¬† kepenyidikan,” timpalnya.

Sementara itu, Wartawan SurabayaPost, Agus Susanto, tidak menampik  terkait laporan polisi (LP) dengan Nomor /47/V 2019/ JATIM/ RES BATU.

“Memang benar, kami sedang melaporkan pemilik akun WatsApp yang diketahui atas nama Fi.

Dalam tulisannya terindikasi telah melakukan dugaan ujaran kebencian terhadap profesi wartawan. Dengan laporan ini, saya menyerahkan sepenuhnya terhadap Kepolisian,” pungkas Agus.

Reporter : Ard
Editor : jas
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA