oleh

Penerapan Teknologi Dalam Pengolahan Limbah PT. SINTONG ABADI

BRATAPOS-SUMUT. Pabrik pengolahan kelapa sawit (PKS) PT.Sintong Abadi yang berdiri di Jalinsum Desa Hessa Air Genting, Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan disudutkan karena menyalahi aturan terkait pembuangan limbah yang dianggap telah mengancam kehidupan masyarakat dan kelestarian lingkungan biota flora fauna di aliran sungai Desa Sei Lama, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan.

Berdasarkan pantauan team investigasi Bratapos sumut dilakukan pengujian air sungai di desa Sei Lama, menemukan senyawa pelapukan binatang dan dedaunan yang telah membusuk didasar sungai. Hal ini lah yang memicu adanya bau menyengat disepanjang aliran sungai. Berhubung endapan lumpur berwarna hitam menjadikan air berubah kontrasnya menjadi seolah olah hitam pekat. Pengujian baku mutu air limbah pabrik PT. SINTONG ditemukan kadar dibawah ambang batas yang telah ditetapkan sesuai peraturan menteri lingkungan hidup Republik Indonesia nomor 5 tahun 2014 tentang Baku mutu air limbah.

PT. SINTONG ABADI menerapkan teknologi penyaringan dengan sekatan terhadap air limbah menggunakan pasir silika dan karbon aktif mampu menurunkan kadar COD dan BOD limbah cair dari pabrik kelapa sawit. Sesuai izin yang dikeluarkan dinas lingkungan hidup., PT. SINTONG ABADI melepaskan limbah pabriknya telah berhasil menurunkan kadar COD dan BOD dibawah batas normal.

Team Bratapos meneliti sampai detail cara pengolahan limbah pabrik PT. SINTONG ABADI., tidak ada ditemukan masalah yang signifikan, walaupun tidak tertutup kemungkinan adanya kesalahan di masa yang akan datang itu terjadi karena human error atau bencana alam.

Reporter : Hand

Editing : Wo

REKOMENDASI UNTUK ANDA