oleh

PTPN IV LANGKAT BERBENAH MENUJU PENINGKATAN KWALITAS RAMAH LINGKUNGAN

Sumut , Bratapos.com – PTPN IV langkat berlokasi didaerah sawit seberang kabupaten Langkat yang dikenal namanya sebagai SAWIT LANGKAT menggeliat berbenah diri sejak tahun 2015 sampai sekarang khususnya masalah pengolahan limbah pabrik dan terlebih lagi sejak humas perusahaan ditangan Kuntoaji.

Menurut Humas yang masih muda akrab disapa pak Haji,sangat berdedikasi dan komitmen untuk meningkatkan Kwalitas perusahaan terutama berkaitan dengan isu limbah pabrik.Permasalahan limbah merupakan masalah yang sudah tidak bisa ditawar tawar namun terus menjadi masalah besar pada semua pabrik sawit. Awal bertugas di sawit langkat pertama kali beliau langsung menanggapi isu permasalahan limbah,sesuai dengan izin pemanfaatan air limbah pada tanah tertuang dalam SK Bupati Langkat nomor:660.3-03/K/2015 tertanggal 2 april 2015 dilakukan pemeriksaan berkala dalam setiap harinya.Bagaimana pengolahan limbah perusahaan PTPN IV LANGKAT mulai dari pabrik hingga diaplikasikan menuju afdeling semuanya di periksa dan diawasi termasuk kedalam skala prioritas.

Parit dan kolam yang menjadi akhir dari aplikasi limbah ini dibenahi dan dilakukan pengerukan kolam yang sudah dangkal, pipa aplikasi yang mengalami kebocoran dilakukan perbaikan menyeluruh.Sedangkan kolam limbah yang mengalami kebocoran, rembesan, dan kerusakan tak luput dari pantauan, apabila ditemukan segera di perbaiki saat pemeriksaan rutin tersebut.Perawatan, pengawasan dan pengolahan air limbah pabrik tersebut semuanya dikomandoi langsung oleh pak Haji sendiri. Hasilnya, dari pantauan team investigasi bratapos sangat jauh perubahannya dari satu bulan saat pertama kali datang ke PTPN IV unit sawit langkat ini.

Semua yang pernah ditemukan di areal pembuangan limbah sudah jauh berubah dan mengalami pembenahan pengolahan limbah pabrik yang pantas diapresiasi.”saat ini kami hanya menunggu pompa dari kantor pusat PTPN IV, apabila pompa tersebut telah datang,maka sirkulasi air limbah akan dapat dikendalikan secara maksimal dan intensif “terang Kuntoaji.

Dalam pemberitaan bratapos pada tanggal 27 april 2019,terdapat beberapa item yang ditemukan namun tidaklah signifikan kesalahan dari pengolahan air limbah, namun setelah datang kembali untuk melakukan investigasi ulang ke PTPN IV langkat team Bratapos kagum terhadap perubahan yang sangat cepat dan terkoordinasi.

“Kami(sawit langkat.red) siap dikoreksi jika ditemukan kesalahan,stakeholder diharapkan bersinergi bersama untuk menjadikan perubahan yang baik dimasa yang akan datang. Komitmen humas kuntoaji.

Team Bratapos kagum atas kinerja humas perusahaan yang teliti terhadap isu internasional, untuk itu PTPN IV LANGKAT berkomitmen dibawah komando manager unit langkat Jhoni Raja Siregar agar menjadikan PTPN IV unit sawit langkat menjadi perusahaan yang ramah lingkungan dan dapat meningkatkan mutu air di sekitar perusahaan menjadi produktif dan konsumtif”tutup kuntoaji.

Reporter : fatur

Editor : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA