oleh

BATALKAN GREEN AWARDS dan SERTIFIKAT RSPO dari PTPN IV.

Sumut,bratapos.com-Penghargaan Indonesia Green Awards (IGA) 2019”, yang diprakarsai oleh The La Tofi School of CSR, Rabu 27/3/2019 di Mezzanine Ballroom Aryaduta Jakarta. PTPN IV mendapatkan 6 buah penghargaan yang diserahkan langsung oleh Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan M.R. Karliansyah, Chairman School of CSR La Tofi serta disaksikan Kepala BP2SDM KLHK Helmi Basalamah, dan dihadiri perwakilan 26 perusahaan dari berbagai sektor industri.IMG-20190519-WA0050

Kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan melalui Dirjen pengendalian, pencemaran dan perusakan lingkungan yaitu M.R.Karliansyah seharusnya membuka wawasan seluas-luasnya atas anugrah yang di prakarsai oleh The La Tofi school of CSR.

  1. Masyarakat masih ada yang mengeluh atas kinerja PTPN IV terhadap lingkungan hidup yang dicemari oleh limbah pabrik sawit milik PTPN IV. Antara lain penghargaan Pelestarian Kawasan Mata Air dan Umbul di Kebun Dolok Sinumbah untuk kategori Penyelamatan Sumber Daya Air.sinumba. Kebun dolok sinumbah sendiri terindikasi dugaan belum memiliki amdal dan pabriknya sendiri mencemari sumber daya air (kutipan berita Lasernewstoday)
  2. Pelestarian Flora dan Fauna di Kawasan Mata Air di Hatonduhan. Kembali masalah air yang menjadi permasalahan adanya laporan masyarakat atas fauna yang mati akibat keracunan makanan dedaunan (flora).
  3. Pemanfaatan Daerah Aliran Sungai sebagai Kawasan Budidaya Ikan di Kebun Mayang untuk kategori Mengembangkan Keanekaragaman Hayati. PTPN IV Unit Kebun Mayang yang berada didaerah nagori mayang kecamatan Bosar Maligas kabupaten simalungun diduga sebagai biangnya penghasil limbah beracun dan berbahaya B3 yang dapat merusak ekosistim sungai, karena disinyalir kuat sesuai fakta temuan dilapangan pembuangan limbah belum sesuai prosedur, bahkan tidak sedikit limbah cair yang berwarna hitam yang dibuang ke sungai.

Dari 3 kategori ini PTPN IV dipertanyakan komitmen nya sebagai peraih penghargaan green awards The La Tofi school of CSR.

Padahal berbanding terbalik atas apa yang diraih dengan apa yang terjadi di panai hilir desa ajamu. PKS PTPN IV UNIT AJAMU melakukan pencemaran lingkungan hidup secara brutal dan berulang ulang. Pada tanggal 23 Mei 2019 akan diadakan demonstrasi secara bertahap di depan kantor PTPN IV medan,hingga tuntutan masyarakat terhadap PKS PTPN IV UNIT AJAMU dipenuhi oleh pemerintah Indonesia yang terkait.

Aksi mahasiswa tersebut akan mendapat pantauan serius dari lembaga lingkungan hidup WALHI, Greenpeace, WWF, UNTEP badan PBB, RSPO dan European Commission.

Reporter : Hard

Editing : Wo

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA