oleh

Modus Jual Tanah Kapling, Dirut PT KH Dituntut 3 Tahun Penjara

GRESIK, BrataPos.com – Pengadilan Negeri (PN) Gresik, kembali gelar sidang  perkara penipuan dan penggelapan, dengan terdakwa Muis Al Fhadi (29). Terdakwa diketahui menjabat sebagai Direktur (Dirut) PT Kavling Hijau (KH). kemarin, (9/5/2019).

Warga dusun Munggu, desa Munggugianti, Kecamatan Benjeng, Gresik itu, telihat tertunduk lesu saat duduk di atas kursi pesakitan. Ia hanya bisa pasrah saat mendengarkan berkas tuntutan dari jaksa penuntut umum (JPU) Nurul Istiana, dari Kejaksaan Negeri Gresik.

Sidang yang diketuai oleh majelis hakim Edi, dalam berkas tuntutannya JPU, disebutkan bahwa terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan mlakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan sesuai pasal 378 KUHP.

“Menuntut terdakwa Muis Al Fhadi dengan pidana 3 tahun penjara,” ucap Nurul di dalam persidangan.

Lanjut Nurul, terdakwa pantas menerima tuntutan 3 tahun. Karena terdakwa berkali-kali melakukan penipuan.

“Meski demikian, Nurul menilai selama ini terdakwa kooperatif, sopan dalam persidangan. Kemudian, berterus terang mengakui kesalahannya. Selanjutnya, terdakwa juga belum pernah dihukum,” urainya.

Majelis Hakim Eddi yang memimpin sidang memberikan waktu kepada terdakwa untuk menyampaikan pembelaan pekan depan. Eddi mengetuk palu tanda selesainya persidangan. “Pekan depan pembelaan dibacakan di persidangan,” kata Eddi.

IMG-20190510-WA0032

Dengan mengenakan baju putih berlengan panjang yang dirangkape rompi berwarna merah, terdakwa keluar ruang sidang dengan kawalan petugas menuju ruang tahanan.

Sementara Wagiman selaku kuasa hukum terdakwa Muis Al Fhadi, mengatakan bahwa kliennya tidak masuk dalam pidana umum, tapi masuk dalam kasus perdata.

“Klien saya sudah mengembalikan uang ke beberapa pembeli tanah kavling. Sehingga itikad baik itu tidak harus dipidanakan,” kata Wagiman.

Oleh karena itu, keberatan tersebut akan disampaikan dalam sidang pekan depan yang dipimpin majelis hakim Eddy. “Pekan depan akan saya sampaikan dalam sidang dengan agenda pledoi,” imbuhnya.

Reporter : jml
Editor : nr
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA