oleh

Terkait DD Dan ADD 2019, Baru 20 Desa di Sumenep Yang Ajukan Pencairan

SUMENEP, Bratapos.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, baru menerima 20 Desa yang telah mengajukan pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama di Tahun 2019.

Secara pasti, faktor penyebab banyaknya pemerintahan Desa yang belum mengajukan pencairan DD dan ADD hingga sekarang belum diketahui.

“Sampei 9 Mei ini yang sudah kami rekomendasikan pencairan berdasarkan pengajuan dari pemerintahan Desa ialah sebanyak 20 desa,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli, Kamis (9/5/2019).

Dari 20 Desa yang segera akan cair terdiri dari beberapa Kecamatan, sayangnya saat Moh. Ramli ditanya desa Kecamatan mana saja,

Sayang, pihaknya mengakui belum hafal terkait dari 20 Desa tersebut yang mengajukan pencairan DD dan ADD. “Tidak hafal saya,” singkatnya.

Namun yang pasti, pengajuan pencairan DD dan ADD tahap pertama harus menyelesaikan Peraturan Desa (Perdes) tentang APBDes, dan juga  harus menyelesaikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) pengelolaan keuangan Desa.

“Jadi mungkin alasan masih banyaknya Desa belum mengajukan pencairan DD karena belum bisa melengkapi beberapa persyaratan itu. Atau mungkin ada persoalan lain,” pungkasnya.

Reporter : zain/zr
Editor : jas
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA