oleh

Caleg Nasdem Gresik, Ditahan Kejaksaan

GRESIK, BrataPos.com – Kasus dugaan penipuan jual beli tanah yang diduga dilakukan oleh tersangka Mahmud memasuki babak baru. Calon legislatif (Caleg) dari Partai Nasdem dapil VIII, Manyar, Bungah, Sidayu, tersebut ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik di Rutan kelas IIB Gresik.

Penahanan dilakukan setelah Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik menerima pelimpahan tahap dua perkara dari penyidik Direskrimum Polda Jatim bersama Kejati pada Selasa (7/5/2019).

Kasi Intel Kejari Gresik R Bayu Probo Sutopo membenarkan, tim pidana umum telah menerima pelimpahan tahap dua atas nama tersangka Mahmud. “Benar, tersangka merupakan Caleg dari Partai Nasdem,” kata Bayu.

Bayu mengatakan, tersangka langsung dilakukan penahanan di Rutan kelas IIB Gresik. Penahanan dilakukan untuk mempercepat proses pemeriksaan hingga pelimpahan perkara ke Pengadilan. “Iya langsung ditahan atas beberapa pertimbangan,” kata Bayu.

Bayu menyebutkan, dalam perkara tersebut ada lima jaksa yang ditunjuk sebagai jaksa penuntut umum (JPU). Dua orang jaksa dari Kejati dan tiga jaksa dari Kejari Gresik. “Pasalnya 378 KUHP atau pasal 372 KUHP,” imbuhnya.

Kasus ini bermula dari penjualan tanah milik Ainul Hadi, warga Pecuk Banyuwangi, Manyar, Gresik seluas 1,3 hektare. Satus tanah itu masih Petok D dengan nomor persil 440 A.

Mahmud saat itu menjabat sebagai Kepala Desa (Kades) Pecuk Banyuwangi nyambil makelar menjual atah itu ke PT Bangun Sarana Baja (BSB) dengan harga Rp.663 Juta. Namun oleh PT BSB tanah itu dijual lagi ke AKR Land. Mahmud saat itu nyambi makelar tanah, sehingga tanah itu terjual dengan harga 6 Miliar.

Namun Ainul Hadi tak merasa menjual tanahnya ke PT BSB maupun ke AKR Land. Ia pun langsung memblokir tanahnya itu ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gresik.

Akibatnya, AKR Land tidak bisa mengurus sertifikat tanah tersebut. Hingga kemudian, PT BSB melaporkan ke Polda Jatim, dengan nomor Laporan Polisi 444/IV/2018/UM/SPKT, Rabu 11 April 2018.

Mahendra Sulaksana juga mengakui, bahwa pihaknya telah menerima titipan tahanan dari Kejari Gresik, atas nama Mahmud (54), warga Desa Banyuwangi, Kecamatan Manyar, Gresik. “Selasa sore kami menerima titipan dari Kejari Gresik,” pungkasnya.

Reporter : jml
Editor : jas
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA