oleh

Rapat Penentuan Tanggal Gawai Dayak di Balai Dusun Rubia

Sanggau Kalimantan Barat BrataPost-,Gawai atau Naik Dango Upacara adat tradisi yang di gelar masyarakat Kalimantan (Dayak kanayan) sebagai ungkapan rasa syukur kepada jubata (Tuhan ).

Acara tersebut merupakan pesta rakyat yang diselenggarakan setiap tahun pada saat panen raya atau panen padi. Minggu (30/06/2019)

Tradisi ini wajib dilestarikan karna tradisi tersebut merupakan peninggalan nenek moyang terdahulu dan tradisi tersebut merupakan mempersatu masyarakat Dan Jangan pernah Melupakan Sejarah .

Saat rapat ini dibuka, dengan antusiasnya masyarakat berdatangan untuk mendengar secara langsung dari para pemuntuh atau yang dianggap Tokoh Masyarakat Di kampung Tersebut.

Tokoh Masyarakat sangat berperan penting dalam acara rapat ini “Pungkasnya

salah satu pemuntuh yang namanya tidak ingin disebutkan”,tidak lepas juga akan kegiatan ini hadir ketua adat dari Dusun Rubia pak linsi atau yang akrabnya dipanggil pak lido dan ketua adat dari dusun sei-puteh Pak Pilipus Linda yang biasa dipanggil pak etik bersama-sama dengan warga memutuskan tanggal Gawai Dayak jatuh pada tanggal 30/06/2019 Tepatnya hari minggu dalam acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dusun Rubia Benyamin dan Kepala Dusun Sei-Puteh Anderias dan anggota BPD desa terati, ketua ketua Rt masing2 Dusun juga hadir dalam rapat ini Minggu 05/05/2019,Paulus salah seorang warga ketika dimintai keterangan oleh awak media menyambut baik tanggal gawai yang ditentukan oleh semua masyarakat kedua Dusun.

Albertus salah seorang pria bertubuh sehat dan tinggi sekitar seratus lebih tinggi badannya ketika dimintai keterangan oleh awak media yang ikut juga dalam acara ini juga memaparkan hal yang sama meyambut baik.

Ketika gawai ini nanti berlangsung masyarakat harus jeli dan tegas terlebih lagi harus mewaspadai orang-orang baru datang jangan sampai melakukan provokasi apalagi menjelang gawai nanti berlangsung. “Petugas Hansip,Rt,Kadus,Kadat hendaknya bekerjasama dengan baik tanpa ada intervensi dari pihak manapun,karena kebanyakan yang baru datang takut berbuat onar dalam pesta gawai identitas seperti KTP sangat perlu ditanyai,selama ini baik Dusun Rubia dan Dusun Sei-Puteh cukup harmonis dalam acara pesta gawai ,pintanya salah satu pemuntuh atau Tokoh Masyarakat.

Reporter     :Rinto Andreas

Editor         :Dr

Publisher    :Redaksi

 

REKOMENDASI UNTUK ANDA