oleh

Pakkat Banyak Di Buru Pada Bulan Puasa

Sidimpuan , Bratapos.com – Pakkat atau pucuk rotan tidak pernah absen untuk menu makanan Pendamping bagi sebagian Warga (masyarakat) Kota Padang sidimpuan . Pakkat pada bulan Ramadhan begitu mudah didapatkan oleh para penikmatnya.

Dimana para pedagang pakkat yang rutin berjualan pada tiap bulan suci Ramadhan akan menggelar dagangannya di pinggir-pinggir jalan yang ada di Kota Padangsidimpuan. Ada yang berjualan di seputaran Jalan Thamrin, maupun di titik-titik jalan tertentu di Kota Padangsidimpuan.

Bagi para pedagang pakkat di bulan suci Ramadhan ini, jadi lahan rezeki bagi mereka, seperti Palit (34) salah satu pedagang pakkat saat ditemui ditempat berjualanya, Selasa (7/05/2019).

Di samping Stadion H.M.Nurdin.Jln.Mangaraja Maradat , Kelurahan Ujung Padang , Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Dia mengaku berjualan pakkat hanya pada bulan Ramadhan saja.

”Saya berjualan pakkat hanya pada bulan Ramadhan saja”kata Palit.

Untuk satu batang pakkat Palit menjual seharga Rp.5.000 per batang. Dalam berjualan Palit mengatakan, biasanya dia membawa pakkat yang sudah dibakar sebanyak 150 sampai 200 batang.

“Alhamdulillah, hasilnya bisalah untuk keperluan lebaran”ujarnya.

Pakkat merupakan pucuk rotan muda yang dibakar, perlu satu jam untuk membakar pucuk rotan tersebut agar didapatkan hasil yang disukai oleh lidah para penikmat pakkat.

“Sebelum kita jual dibakar dulu, satu jam lebih”terang Palit.

Setelah dibakar dikatakan Palit, bila ada pembeli yang memesan, kulit pucuk rotan muda tersebut akan dibuka dan isi bagian dalamnya yang berupa daging umbut inilah yang akan dikonsumsi.

Makanan yang satu ini diyakini memiliki khasiat mengobati masuk angin, penambah nafsu makan dan penyembuh magh.

Untuk menikmati dan cara penyajiannya, daging umbut pakkat di potong sesuai ukuran, cabai giling ditambah dengan irisan bawang merah serta jeruk nipis kemudian disajikan sebagai tambahan sayur lalapan saat makan dengan nasi tentunya.

Reporter : Iwansumadi

Editing : zai

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA