by

Panglong Kayu Masanya Nyaris di lumat si jago merah

Sidimpuan , Bratapos.com – Lokasi Panglong kayu “Masanya” milik Dewi Darma (51) yang berada di Jalan Sudirman, Kecamatan Psp Utara, Kota Padangsidimpuan nyaris ludes terbakar, Kamis (2/5) sekitar pukul 14:30 Wib.

Mesin generator set (genset) milik Panglong tersebut diduga mengalami korsleting sehingga memercikkan api dan ledakan. Saat itu, pemilik panglong dan karyawan sedang istrahat.

Warga yang mendengar suara ledakan itu dan melihat asap keluar dari ventilasi gudang genset langsung melakukan pemadaman untuk menghindari kebakaran yang lebih besar.

Amri (38), salah satu karyawan Panglong mengatakan, dirinya beruntung saat mendengar teriakan warga yang melihat kepulan asap yang keluar dari sela ventilasi gudang genset.

Dan saat itu warga dan karyawan langsung melakukan upaya pemadaman dan langsung mematikan aliran listrik di gudang itu , sehingga peristiwa ini tidak sampai menimbulkan kebakaran besar.

“Hanya gudang genset saja yang terbakar,” ungkapnya saat memberi keterangan kepada pihak kepolisian

Mendapat informasi kebakaran tersebut, tak berapa lama, petugas pemadam kebakaran langsung mendatangi lokasi dengan menerjunkan tiga unit mobil Damkar dan langsung melakukan penyiraman dan pendinginan ke gudang genset untuk menghindari api yang lebih besar agar tidak merembet ke lokasi pengolahan kayu di Panglong itu.

“Berselang di sekitar 15 menit, api berhasil dijinakkan berkat kesigapan petugas dan masyarakat,” ujar salah satu petugas pemadam kebakaran.

Kasatreskrim Polres Padangsidimpuan AKP Abdi Abdullah SH yang mendapat laporan mengenai kejadian ini, langsung terjun ke lokasi kebakaran dan melakukan penyelidikan penyebab kebakaran itu.

Kebakaran panglong ini terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Saat musibah terjadi pemilik panglong sedang istrahat. Pemilik panglong baru mengetahui tempat usahanya terbakar setelah diberitahu karyawan dan warga. Beruntung kobaran api tidak melumat seluruh bangunan karena berhasil dipadamkan.

Hasi penyelidikan sementara kebakaran diduga berasal dari generator set (genset) mengalami korsleting, kobaran api tidak sampai merembet ke gudang usaha panglong itu. Kerugian yang diderita akibat kebakaran itu sekitar puluhan juta rupiah.

Atas kejadian ini, kepada masyarakat, Kasat menghimbau, untuk selalu waspada terhadap bahaya kebakaran dan selalu memperhatikan instalasi listrik dan peralatan elektronik lainnya, apalagi saat meninggalkan rumah atau kantor atau tempat usaha beraktivitas.

“Saya imbau kepada warga saat akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, alangkah baiknya segala peralatan listrik di rumah dimatikan. Cek kembali peralatan elektronik atau peralatan listrik yang lain apakah kabelnya masih tercolok pada stop kontaknya atau tidak, Juga pemakaian kompor dan obat nyamuk pastikan semuanya aman,” pungkas Abdi.

Reporter : Iwansumadi

Editor : zai

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA