oleh

2 petugas Pemilu meninggal , satu Keguguran di Pati

PATI , Bratapos.com – Bratapos_Pati_  Diperoleh dari data KPU Kabupaten Pati, 2 orang petugas pemilu meninggal dunia dan 23 menderita sakit termasuk 1 keguguran di Kabupaten Pati. Menanggapi adanya kejadian tersebut, KPU Pati akan melakukan evaluasi terkait penyelenggaraan pemilu.(26/4/2019)

Komisioner KPU Pati,  Suharyono mengungkapkan, pelaksanaan pada pemilu serentak 2019 sangat luar biasa dari mulai aspek persiapan hingga saat penyelenggaraan. Oleh karena itu, faktor kesehatan akan menjadi perhatian khusus.

“Jadi kedepan saya kira hal-hal yang terkait dengan persoalan kesehatan fisik dan lain sebagainya mungkin kita akan lebih siapkan lagi,” jelas Suharyono. dimungkinkan, pada penyelenggaraan pemilu selanjutnya akan ada petugas kesehatan di masing-masing desa yang akan mengecek kesehatan petugas pemilu.

“Kalaupun tidak, setiap TPS mungkin paling tidak ada yang bertanggung jawab untuk desa misalnya. Karena kalau harus setiap TPS enggak mungkin juga, karena kita itu ada 4.369 TPS itu bayangkan berapa tenaga,” terang Haryono.

KPU Pati juga akan mengupayakan jaminan kesehatan bagi petugas Pemilu dari tingkat PPK, PPS, hingga KPPS.

“Ini yang menjadi salah satu evaluasi, termasuk perlindungan terhadap teman-teman penyelenggara.Karena teman-teman penyelenggara yang ada di tingkat PPK ke bawah sampai KPPS ini kan tidak ada jaminan kematian misalnya jika terjadi kecelakaaan,” pungkasnya.

Reporter : Sholihul hadi

Editor : dr

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA