oleh

Modus Sewa Mobil, Warga Randuboto Diadili

GRESIK, BrataPos.com – Abdul Wahid (43) warga desa Randuboto, Rt.01 Rw.01, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Gresik harus merasakan panasnya kursi pengadilan. Kamis sore (25/4/2019).

Pria paruh bayu itu diseret ke meja hijau, lantaran tersandung perkara penipuan sebuah mobil Grand Mix. Ia didakwa bersalah oleh jaksa penuntut umum (JPU) Mansur dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik.

Terdakwa dianggap menguntungkan diri sendiri memakai nama palsu, atau tipu muslihat dan melakukan serangkaian kebohongan. Sehingga korban H. Abdur Rochim warga Manyar Sidorukun mengalami kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Akibat perbuatannya, terdakwa melanggar pasal 378 KUHP.

Dalam berkas dakwaannya Jpu Mansur, dihadapan Majelis hakim Putu Gede Hariadi menjelaskan, awalnya terdakwa menyewa mobil pada korban. Mobil rencananya akan digunakan hendak beli kacang tanah. Namun dengan waktu yang sudah disepakati, terdakwa tidak kunjung mengembalikan mobil.

“Setelah diselidiki, ternyata mobil Grand Mix Nopol W 8750 CA miliknya diketahui ada di daerah Lamongan. Ironisnya, mobil tersebut digadaikan oleh terdakwa,” ujar Adit jaksa pengganti.

IMG-20190425-WA0057

Korban pun melapokannya ke polisi. Saat itulah, anggota Satreskrim Polres Gresik bergerak dan melakukan penangkapan terhadap terdakwa.

“Terdakwa berhasil diamankan beserta barang bukti. Terdakwa tidak menyampaikan keberatan. Semua dakwaan diterima,” kata Adit.

Sidang yang dipimpin Majelis Hakim Putu Gde Hariadi mengakhiri persidangan. Sidang akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi.

“Sidang ditunda minggu depan. Jaksa tolong hadirkan saksi, agar persidangan lancar,” pinta hakim sambil mengetuk palu.

Terdakwa yang berbadan tegap dengan memakai rompi oranye keluar dari ruang sidang. Ia dikawal petugas dibawa ke ruang tahanan.

Reporter : jml
Editor : nr
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA