oleh

5 Tahun Buron, Koruptor P2SEM Berhasil Dibekuk

GRESIK, BrataPos.com – Usai buron selama 5 tahun sejak putusan Kasasi tahun 2014 silam. Akhirnya terpidana koruptor, Mashuriyanto (39) berhasil dibekuk oleh Tim Kejaksaan Negeri Gresik, yang dipimpin Kasi intel, R. Bayu Probo Sutopo. Kamis (25/4/2019) dini hari jam 01.00 Wib.

Warga desa Madelan, Rt.13 Rw.05, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep diketahui kasus korupsi Dana Program Pemberdayaan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM). Terpidana yang menggunakan mobil yang berpakaian sarung itu dibekuk di Pom Bensin Burneh Bangkalan Madura saat sedang mengisi bensin.

Kasi intelijen Kejari Gresik, R. Bayu Probo Sutopo membenarkan, terpidana sudah diburu oleh tim selama hampir 3 bulan. Sempat beberapa kali pindah-pindah tempat. Terdeteksi selama 3 bulan berada di Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan dan Sumenep.

“Tiga minggu lalu, keberadaan terpidana terdeteksi di Bangkalan, tim intel lalu melakukan pemantauan pada terpidana. Ketika info yang di dapat terpidana berada di Bangkalan, tim langsung meluncur ke TKP, ” tegas Kasi Intel Bayu.

Terpidana bersama beberapa orang lainnya, melakukan kegiatan pendampingan masyarakat di wilayah Randuagung, Kebomas, Dan Osowilangon, Manyar, Kabupaten Gresik. Namun dana pendampingan P2SEM diselewengkan oleh Mashuriyanto.

IMG-20190425-WA0004

Setelah ditangkap, koruptor P2SEM ini lalu dibawa ke kantor Kejari Gresik. Setelah dilakukan pemeriksaan administrasi, terpidana langsung dijebloskan di Rutan Kelas IIB Gresik, Jl Raya Cerme, Desa Banjarsari Kecamatan Cerme, Gresik.

“Awalnya pada tahun 2008, Mashuriyanto diadili di Pengadilan Negeri Gresik dan divonis satu tahun penjara. Tapi terdakwa banding ke Pengadilan Tinggi Jatim, kemudian divonis bebas. Tidak ada perlawanan saat dilakukan penangkapan,” tegas Bayu.

Jaksa penuntut umum kemudian mengajukan kasasi pada 14 Juni 2014, ke Mahkamah Agung (MA). Kemudian divonis lebih berat, dengan hukuman 4 tahun penjara dan denda Rp 200 juta.

Reporter : jml
Editor : nr
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA