oleh

TPS 10 Desa Dahanrejo-Kebomas, Gelar PSU

GRESIK BrataPos.com – Akibat ke-7 orang dari luar daerah yang ngotot menyoblos, hanya menggunakan KTP elektronik tanpa formulir A5. Satu TPS di Kabupaten Gresik Rabu (24/4/2019), lakukan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2019.

Sementara aturan tidak diperbolehkan tanpa ada surat A5. Mereka mencoblos karena adanya musyawarah petugas. Akhirnya pemungutan ulang tergelar di TPS 10 Desa Dahanrejo, Kecamatan Kebomas, Gresik.

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan petugas Bawaslu bermusyawarah.

“Namun tanpa berkoordinasi dengan pihak KPU, ini salah. Seharusnya ada formulir A5,” terang Ketua KPUD Gresik, Achmad Roni saat di lokasi.

Keterangan KPPS di TPS 10 ini, mereka dari luar kota dan ngotot ingin mencoblos dengan alasan waktu pencoblosan sudah mau habis. Sekitar pukul 12:46 saat itu (Rabu, 17/4/2019). Atas kajian KPUD Gresik atas masalah itu, akhirnya dilakukan pemungutan suara ulang.

Lebih jauh Roni menegaskan bahwa untuk pemungutan suara ulang hanya untuk Pemilihan Presiden saja. Sebab ke 7 orang hanya mencoblos di surat suara Pilpres. PSU di TPS 10 ini dipantau langsung, Kapolres Gresik, bahkan Wakil Bupati Gresik ikut hadir.

Pantauan di lapangan, daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 10 dusun Bunder Rt.03 Rw.03 Desa Dahanrejo ini sebanyak 267. Sementara perolehan suara pada 17 April lalu diperoleh 239 suara. Untuk hasil PSU kali ini mendapatkan 195 suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres).

IMG-20190424-WA0048

Sementara itu, Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro belum bisa memastikan peristiwa itu sebagai indikasi kekacauan. Lokasi TPS 10 ini juga berdekatan dengan terminal bus antar propinsi. Mereka pakai KTP elektronik namun tidak dengan surat model A5.

“Kita masih koordinasikan dengan Bawaslu, dan belum diketahui motivnya. Sementara ke 7 orang itu memang dari luar kota yang memang ingin menyalurkan hak suaranya,” pungkasnya yang kemudian mengawal surat suara ke kantor kecamatan Kebomas.

Semetara untuk perolehan suara (PSU) ini. Calon Presiden dan Wakil Presiden No. 01 Joko Widodo, Maruf Amin, memperoleh suara 125. Sedangkan calon Presiden dan Wakil Presiden No. 02 Prabowo Subianto, Sandiaga Uno memperoleh suara 70.

Reporter : jml
Editor : nr
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA