oleh

Merayu IBU HAMIL RISTI (Risiko Tinggi)

PONOROGO, BrataPos.com – Perawat Ponkesdes dengan mengendarai motor trail mengantar Kadinkes Jatim, Dr. dr. Kohar Hari Santoso, Sp.An., KIC., KAP. mengunjungi ibu hamil dengan risiko tinggi (risti) di Ngrayun, Ponorogo.

Ibu hamil tersebut sudah berusia kepala 5, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan selama proses melahirkan dan sebagai salah satu upaya menurunkan AKI/AKB (Angka Kematian Ibu/Angka Kematian Bayi), Dr. Kohar beserta jajaran kesehatan kabupaten Ponorogo melakukan pendekatan kepada sang Ibu Hamil utk tinggal di Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) yg dekat dengan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

hamil 2

Hal tersebut dilakukan karena akses jalan dari rumah si Ibu hamil ke fasyankes cukup sulit dan terjal, naik mobil dobel kabin pun tak bisa, apalagi Venturer. Hanya bisa ditempuh dengan motor atau jalan kaki. Hal itulah yang dikhawatirkan bisa menghambat proses persalinan Ibu Hamil yang tergolong risti tersebut.

Setelah melakukan pendekatan, akhirnya sang Ibu Hamil mau tinggal di RTK hingga proses persalinannya selesai. Pemerintah juga akan membiayai persalinannya dan pendamping yg menunggui. Alhamdulillah saat ini sang Ibu Hamil telah melahirkan bayi yang sehat dengan selamat.

 Dikutip : Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur

Publisher: Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA