by

Warga Aceh Selatan, Ikut Simulasi Pencoblosan Dan Pemungutan Suara

ACEH SELATAN, BrataPos.com – Komisi  Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan, menggelar simulasi pencoblosan dan pemungutan suara di lapangan Alun-Alun. tepatnya depan Kantor Bupati Gampong Hilir, Kecamatan Tapaktuan. Kamis, (11/4/2019).

Komisioner KIP Aceh Selatan, Saiful, SE dan Yusrizal, ST, MT, kepada BrataPos.com, mengatakan, simulasi tersebut bertujuan untuk merepresentasikan kejadian pemungutan suara seperti di TPS.

“Acara simulasi itu, dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Dengan harapan mudah-mudahan simulasi ini bisa merepresentasikan kejadian pemungutan suara sesungguhnya di TPS,” kata Yusrizal, ST, MT.

Lanjut Saiful, simulasi dibuat seperti nyata, terdapat kotak suara, bilik suara, papan pengumuman DPT, petugas KPPS, dan saksi. Masyarakat masuk dan mencoblos surat suara, kemudian memasukkan surat suara tersebut ke kotak suara untuk pilpres dan pileg.

“Setelah mencoblos, semua komisioner dan masyarakat yang ikut mencoblos dalam simulasi itu, mencelupkan jarinya ke tinta berwarna ungu. Mudah-mudahan dengan simulasi di hari pencoblosan pada 17 April mendatang bisa berlangsung lancar,” ujar Yusrizal.

Untuk Pemilu kali ini sambungnya, yang berhak menggunakan hak pilih adalah yang terdaftar dalam DPT, DPTB dan DPK. Ketiganya wajib menunjukkan KTP dan Surat Keterangan. Namun untuk DPT sudah diberikan C6 sebagai pemberitahuan tempat dan tanggal pencoblosan.

“Apabila ada yang belum terdaftar bisa memilih dengan menunjukkan KTP atau surat keterangan jika masih tersisa surat suara,” pungkasnya.

Acara simulasi pencoblosan dan pemungutan suara yang digelar oleh Komisioner KIP Aceh Selatan dihadiri, Sekda H. Nasjuddin, SH, MM, dan Kapolres Aceh Selatan, AKBP, Dedi Sadsono, ST.

Reporter : Asmar Endi
Editor : jas
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA