by

Puskesmas Buloh Seuma, Menjadi Prioritas Dinkes Aceh Selatan

ACEH SELATAN, BrataPos.com– Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Selatan Novi Rosmita SE M.Kes mengatakan, pihaknya beberapa hari yang lalu telah melakukan kunjungan ke lokasi puskesmas Buloh Seuma untuk meninjau kondisi.

“Puskesmas Buloh Seuma, saat ini sangat belum layak untuk dioperasikan berhubung sarana dan prasarana pelayanan kesehatan beluam memadai bahkan pemasangan air belum tersedia,” ungkap Novi Rosmita kepada wartawan di Tapaktuan, Kamis (11/04/2019).

Pihak Dinkes Aceh Selatan, kata Novi, akan menyambungkan sumur bor yang ada dirumah dinas ke puskesmas dan sarana prasarana diusahakan penyediaan pada anggaran APBK perubahan 2019.

“Begitu juga hal dengan sumber daya manusianya, sudah kita siapkan dengan menempatkan Bidan dan perawat disana yaitu pegawai PTT daerah selain 1 orang PNS yang memang sudah diangkat untuk Puskemas Bulohseuma,”sebutnya.

Selain itu, lanjut Novi, pihak Dinkes menunjuk 1 orang warga untuk bertugas sebagai cleaning service, sebagai yang menjaga kebersihan di area Puskesmas tersebut. “Ke depan Puskesmas Boluh Seuma dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sembari menunggu proses izin operasionalnya,”imbuhnya.

Menurut Novi, agar pelayanan kesehatan dapat ditingkatkan, pelayanan kesehatan ini bukan saja tanggung jawab Dinas Kesehatan, namun menjadi tanggung jawab bersama.

“Kita berharap kepada masyarakat untuk  berperan serta dalam menjaga ketertiban dan keamanan puskesmas, karena di daerah-daerah yang sangat terpencil butuh suasana yang aman dan nyaman,” pungkasnya.

Reporter : Asmar Endi

Editor     : Nr

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA