by

Pelatihan Saksi Parpol Se Kecamatan Teluk  Kaiely Dalam Rangka Pemilu Tahun 2019

NAMLEA, BrataPos.com – Kegiatan pelatihan saksi parpol se kecamatan Teluk Kaiely dalam rangka penyambutan pemilu tahun 2019 maka panwaslu kecamatan memberikan bimtek terhadap masing-masing perwakilan saksi parpol.(kamis,11/04/2019).

Kegiatan, di hadiri oleh masing-masing perwakilan saksi parpol se kecamatan Teluk Kaiely di antaran Parpol PAN, Parpol HANURA, Parpol GOLKAR, Parpol PERINDO, Parpol PBB, Parpol PKB, Parpol BERKARYA.

Jadi dari 14 parpol yang ikut pemilihan legeslatif dan pilpres hanya 7 partai yang ikut Bimtek.sesuai hasil wawancara dengan komisiiner panwas kecamatan Hamdi latuconsina Devisi pengawasan,seluru partai suda di berikan undangan oleh bawaslu kabupaten Buru tapi hanya 7 partai yang masukan nama-nama saksi untuk mengikuti Bimtek sampai hari ini.adapun 7 partai yang tidak mengikuti Bimtek Di antaranya.

Parpol NASDEM, Parpol DEMOKRAT, Parpol PSI, Parpol PKS, Parpol GERINDRA, Parpol PPP.

Adapun susunan acara:

Pembukaan dan ucapan selamat datang dari pelaksana (Panwascam)10 Menit.

Penayangan video Tutorial(15 Menit).

Paparan Narasumber(PPT Disiapkan).

Diskusi dan tanya jawab(di pandu moderator) 30 Menit.

IMG-20190411-WA0011

Lanjut kegiatan tersebut di adakan di Sekertariat panwaslu kecamatan Teluk Kaiely yang bertempat di Desa Masarete kecamatan Teluk Kaiely kabupaten Buru.jalan Palumata Desa Masarete.

Kegiatan, bimtek saksi parpol di Buka oleh ketua panwas kecamatan Teluk Kaiely kabupaten Buru Samsul Sampulawa, SP di sekertariat panwas kecamatan Teluk Kaiely jam 08:00 WIT Kamis, (11/04/2019).

Adapun materi yang di bawakan oleh ketua panwas kecamatan Teluk Kaiely Samsul Sampula,SP yang di dampigi oleh komisioner kecatan kaiely Hamdi latuconsina Dan La Hasi Buton.

Lanjutan.paparan materi yang di sampaikan oleh ketua panwas kecamatan Teluk Kaiely Samsul Sampulawa,SP. Bagaimana jika terdapat seseorang yang telah memiliki hak pilih ingin menjadi pemilih namun tidak derdaftar di DPT.

Juknisnya,sepanjang orang tersebut membawa e-KTP (atau identitas lain berupa surat keterangan terdaftar (suket), KK. Dari Dukcapil setempat/sim/paspor) maka ia dapat memili di TPS sesuai dengan identitas tersebut.Namun orang tersebut hanya memilih setelah pukul,12:00 WIT dan sepanjang surat tersebut masi tersedia, jika surat suara tersebut telah habis maka pemilih tersebut di arahkan memberikan surat suara di Tps terdekat.

Kegiatan, Bimtek pengawasan saksi parpol kecamatan Teluk Kaiely berjalan dengan lancar sampai selesai  kegiatan jam 11:00 WIT.

Merujuk pada dasar uu No 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum Pasal 351 ayat (8) yang berbunyi: Saksi sebagaimana dimaksud pada ayat (7) dilatih oleh Bawaslu, sesuai hasil pembahasan rapat koordinasi pelatihan saksi pemilu tangggal,25/03/2019 di Jakarta.

Reporter   : Abil k

Editor        : Nr

Publisher  : Redaksi

 

REKOMENDASI UNTUK ANDA