by

KODIM 0212/TAPSEL LAKSANAKAN PEMBINAAN WAWASAN KEBANGSAAN DI SMAN 3 PANYABUNGAN

 

MADINA , Bratapos.com – Kodim 0212/Tapsel melalui Danramil 13/Panyabungan melaksanakan pembinaan Wawasan Kebangsaan dalam rangka membina dan membentuk masyarakat yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan kepada Siswa-siswi SMAN 3 Panyabungan Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (10/04/2019)

Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kesatuan atau integrasi nasional bersifat kultural dan tidak hanya bernuansa struktural mengandung satu kesatuan ideologi, kesatuan sosial budaya, kesatuan ekonomi, dan kesatuan pertahanan dan keamanan.

Dalam pemberian pembekalan wawasan kebangsaan terhadap Siswa-siswi, Danramil 13/Panyabungan Kapten Inf Abdul Kodir Harahap, menjelaskan arti secara umum pemahaman tentang wawasan kebangsaan. Ia berharap para Siswa-siswi sebagai generasi penerus bangsa akan mengerti dan tumbuh jiwa nasionalisme.

Pemberian materi pembahasan tentang wawasan kebangsaan ini kita lakukan ke para Siswa-siswi, sebagai tanggung jawab moral kami sebagai aparat TNI dalam membina dan membetuk masyarakat yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dalam menjaga keutuhan NKRI.ujarnya.

Menurutnya, pembekalan mental siswa diperlukan dalam menghadapi era globalisasi sekarang ini serta untuk menjadikan putra dan putri bangsa turut ikut berperan aktif dalam mambangun bangsa.

selain pembekalan secara teori, dalam kegiatan ini siswa-siswi juga diberi materi Outbond sebagai sebuah pendidikan inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kebersamaan dan kekompakan.

Materi Outbond merupakan sarana dalam membentuk karakter generasi muda dalam pengembangan diri dan meningkatkan nilai positif mulai dari komunikasi antar teman, penyelesaian masalah, kerjasama, efektifitas, kreasi dan inovasi yang dikemas dalam bentuk permainan

Materi outbond yang dilaksanakn terdiri dari permainan Tongkat Estafet,Hollahop, Permadani Terbang, Boldozer, Bola Tali dan Water Estafet

Dengan di berikan Wawasan kebangsaan diharapkan dapat memberi peran bagi anak-anak untuk proaktif mengantisipasi perkembangan lingkungan strategis dengan memberi contoh bagi anak lainnya dalam membina identitas diri, kemandirian dan menghadapi tantangan dari luar tanpa konfrontasi dengan meyakinkan anak-anak bahwa eksistensi bangsa merupakan aset yang diperlukan dalam mengembangkan nilai kemanusiaan yang beradab.

Reporter : Kabiro Madina./ HC

Editor : zai

Publisher : Redaksi

 

REKOMENDASI UNTUK ANDA