by

Kagama Tanam 6.000 Batang Bibit Tanaman Flora Pantai

Kendal, Bratapos.com – Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) dalam dalam rangka kegiatan Bhakti Lingkungan yang bertajuk “KAGAMA Menanam Untuk Indonesia”, melakukan penanaman bibit manggrove sebanyak 5.000 batang dan bibit cemara laut 1.000 batang, Kamis (11/4/2019), di Pantai Kartika Jaya Desa Kartika Jaya Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo SH, M.IP, yang juga merupakan Ketua Kagama, pada acara tersebut didampingi oleh Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si, Wakil Bupati Kendal Drs. Masrur Masykur, Sekda Kendal Moh. Toha, ST.,M.Si, Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita dan ketua Kagama Jawa Tengah.

Ganjar Pranowo secara simbolis melakukan penanaman dua jenis flora laut tersebut yang diikuti oleh anggota Pramuka, sejumlah relawan serta masyarakat Desa Kartika Jaya dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa penanaman mangrove dan cemara laut di pantai Kartika Jaya merupakan salah satu kegiatan untuk merevitalisasi kawasan pantai pesisir utara Jawa Tengah yang dipelopori oleh Kagama Jawa Tengah.

“ Tanaman manggrove memiliki fungsi utama untuk memperbaiki ekosistem pantai dan melestarikan habitat fauna endemis serta mempunya manfaat secara ekonomis bagi masyarakat sekitar hutan mangrove. Oleh karenanya, kegiatan penanaman ini melibatkan masyarakat setempat, Kagama dan para relawan serta anggota pramuka “, papar Ganjar.

Dikatakan Ganjar, nantinya tanaman manggrove yang sudah besar akan menjadi penyedia sumber makanan yang melimpah bagi biota hutan mangrove sehingga bisa berkembang biak dengan baik.

Ganjar juga menyampaikan bahwa di sejumlah daerah di Jawa Tengah, limbah mangrove bisa dijadikan bahan pewarna alami untuk industri batik. Bahkani buah mangrove bisa dijadikan makanan olahan seperti manisan, peyek, cendol, minuman dan manggrove jenis Tancang ( umumnya di pantai Kabupaten kendal ) bisa dijadikan tepung.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kendal mengatakan bahwa Perbaikan hutan mangrove dengan penanaman Cemara Laut serta manggrove di kawasan Pantai Kartika Jaya tersebut, selain menjadi gerakan cinta lingkungan hidup juga dapat dijadikan sebagai daya tarik wisata pantai.

“ Sangat mungkin kawasan hutan mangrove di pantai Kartika Jaya bisa menjadi destinasi wisata yang memikat yang akan meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat sekitar sini,” katanya.

Reporter       : Adang/Dessy

Editor             : Nr

Publisher      : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA