by

Alih Fungsi Lahan Persawahan, Menjadi Gedung Walet Tidak Dikomplain Pemkab Muara

MUSI RAWAS, SUMATERA SELATAN, BrataPos.com – Gedung walet yang berdiri di areal persawahan, tepatnya berada di wilayah Desa Kalibening dan sangat dekat dengan wilayah permukiman warga masyarakat terkesan aman-aman saja tidak sedikitpun menimbulkan dampak yang negatif terhadap warga maupun Pemerintah Daerah.

Pemilik gedung sarang walet yang berlokasi di Desa Kalibening, Kecamatan Tugu Mulyo sampai saat ini belum bisa dikonfirmasi terkait Izin mendirikan Bangunan (IMB) maupun izin dari Badan Lingkungan hidup Kabupaten Musi Rawas.

Berhubung gedung walet yang berlokasi di Desa Kalibening sudah berdiri cukup lama namun tidak pernah dipermasalahkan oleh Pemerintah Daerah mengenai izin dan kategori alih fungsi lahan, menyikapi adanya bangunan gedung walet Tim Media ini ingin tahu sampai sejauh mana kinerja Pemerintah daerah dalam melakukan Pendataan dan Pengawasan terhadap gedung walet yang berdiri di pinggir jalan Lintas antara Desa L Sidorejo menuju Desa Kalibening.

Sedangkan Taman rekreasi Kebun Bunga milik usaha pribadi warga yang sempat ramai dikunjungi oleh masyarakat baik dari dalam maupun luar daerah sempat dikomplain dengan alasan tidak memiliki izin dan mutlak alih fungsi lahan sawah menjadi taman bunga.

Sementara gedung walet yang nyata sudah alih fungsi Pemerintah Daerah tidak pernah mempermasalahkan, ada apa sebenarnya. Bukannya Perda yang mengatur tentang penertiban bangunan tanpa izin sudah jelas.

Kasat pol pp Kabupaten Musi Rawas JOKO saat saat ditemui ke ruang kerjanya untuk dikonfirmasi mengenai adanya bangunan gedung walet yang berdiri kokoh di pinggir jalan Lintas antara Desa L Sidorejo menuju Desa Kalibening, Beliau sedang tidak berada ditempat menurut staf yang ada di Kantor Pol PP Pak Kasat sedang dinas luar.

Terpisah Kepala Desa Kalibening ketika diwawancarai Tim Media ini menegaskan ” Bahwa gedung walet tersebut sudah dibangun sebelum saya menjadi Kepala Desa.

Reporter : Spd
Editor : jas
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA