by

Terdakwa Menerima Putusan, JPU Pikir Pikir

SURABAYA, BrataPos.com –  Pria 37 tahun (Sadibi) asal Ds Angsoka Omben Madura yang hanya mengenyam pendidikan SD tidak tamat ini, siang tadi menjalani sidang perkara narkoba, dengan agenda putusan (Vonis) yang dipimpin oleh Dedi Fardiman SH.MH, sebagai Ketua Majelis Hakim dan JPU(Jaksa Penuntut Umum) Ririn Indrawati  SH. di Pengadilan Negeri Surabaya. Selasa (02/03/2019).

Terdakwa yang didampingi oleh kuasa hukumnya yakni Sandhy Krisna dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) LACAK, untuk mendengarkan amar putusan yang dibacakan oleh Hakim Dedi Fardiman.SH.MH.

Isi amar putusan terdakwa Sadibi dengan pidana penjara selama 4 (empat) tahun, dengan denda sebesar Rp 1 millyard dan apabila tidak dibayar maka akan diganti dengan 1 (satu) tahun kurungan.

Atas putusan yang diberikan Hakim, tetdakwa langsung disambut dengan kata terima oleh terdakwa, namun lain halnya dengan JPU Ririn yang kala itu diwakili oleh Jaksa Ni Made Sri Astri Utami SH, menjawab pertanyaan Majelis Hakim dengan kata pikir-pikir, “Saya pikir-pikir pak Hakim”, jawab Jaksa Ni Made.

Putusan tersebut dinilai lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ririn Indrawati SH, dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak yang sebelumnya menuntut terdakwa selama (8) delapan tahun penjara denda Rp 1 millyard dan Subsidair (1) satu tahun kurungan.

Untuk diketahui, bahwa perkara ini diawali dengan ditangkapnya terdakwa bersama Zaenal Arifin dan Wahyu Adi Saputro pada 11 Nopember 2018 lalu di sebuah warung kopi milik Agus Supriadi (DPO) di kawasan Jalan Kedungmangu Selatan III Surabaya.

Dalam penangkapan tersebut dinyatakan terdakwa memiliki barang bukti berupa  2 (dua) poket sabu dengan berat masing-masing 0,090 gram, dan 0,075 gram, serta  7 (tujuh) buah plastik klip kosong.

Karena perbuatan terdakwa dianggap melanggar hukum dengan memiliki menyimpan mengedarkan narkotika jenis sabu, hingga JPU menjeratnya sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 114 ayat (1) jo pasal 132 ayat (1) Undang Undang RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Reporter              : Bnd /Zs

Editor                    : Nr

Publisher            : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA